Tanami Pematang Sawah

sawahTUBEI,Bengkulu Ekspress – Kepala Dinas Pertanian dan Pertahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Lebong Sumiati SP mengajak seluruh petani di Kabupaten Lebong untuk memanfaatkan pematang sawah sebagai tempat menanam sayur-sayuran kebutuhan sehari-hari, seperti cabai, terong, kacang panjang dan tanaman lainnya. Hal tersebut agar pemanfaatan lahan sawah bisa secara optimal dimanfaatkan.

“Saya mengimbau dan berharap petani di Lebong ini bisa memanfaatkan lahan pematang sawah agar dalam memasak sayuran petani tidak kesulitan. Daripada pematang dibiarkan saja, lebih baik kita gunakan untuk menanam sayuran agar lebih bermanfaat,” ungkap Sumiati.

Dikatakannya, masih sedikit petani yang memanfaatkan pematang sawah untuk menanam sayuran. Untuk memenuhi kebutuhan sayuran kebanyakan petani malah membeli di warung atau di pasar.

Selain memanfaatkan sebagian lahan pertanian, parit sawah juga diharapkan dapat dimanfaatkan oleh petani dan usaha seperti ini bisa meningkatkan penghasilan lain petani.

“Untuk meningkatkan kemauan petani dalam menanam sayuran dipematang kita akan memulai mensosialisasikannya melalui kelompok tani yang ada di Kabupaten Lebong. Jadi jangan disia-siakan lahan pematang sawah, karena itu bisa membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari bahkan bisa membantu menambah pendapatankan petani,” katanya.(777)