Tanam Tumbuh Gangguan Utama Distribusi Listrik di Kaur

Petugas PLN-saat melakukan pemangkasan pohon yang mengganggu kabel listrik PLN.

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Memasuki musim penghujan PT PLN rawan mengalami gangguan jaringan hingga mengakibatkan listrik pada. Dimana penyebab utama gangguan 70 persen dikarenakan adanya tanam tumbuh seperti ranting atau pohon yang menempel pada jaringan listrik.

“Ya penyebab utama gangguan listrik ini karena tanam tumbuh. Tapi petugas kita terus melakukan pemangkasan pohon yang berjarak 2-5 Meter dari kabel jaringan,” kata General Manager (GM) Unit Layanan Pelanggan (ULP) PLN Bintuhan Kabupaten Kaur Novian Parlindo, Rabu (23/9).

Dikatakannya, tingkat kesadaran masyarakat untuk melakukan pemangkasan pohon yang berada dibawah jaringan listrik masih sangat rendah. Selain itu kata Novian kadang warga pemilik pohon enggan dan tidak mengizinkan petugas PLN untuk memangkas tanam tumbuh yang berada dekat kabel jaringan dan berpotensi mengganggu aliran listrik.

“Biasanya kami menempuh jalan persuasif dengan warga pemilik pohon dengan memberikan pengertian, tapi masih ada warga yang tidak mengizinkan pohon miliknya di pangkas oleh petugas,” terangnya.

Ditambahkannya, pohon besar dan bambu warga menjadi masalah utama yang menyebabkan listrik mati. Gangguan seperti ranting pohon menempel di kabel atau batang pohon patah dan pohon tumbang. Dalam melakukan pemeliharaan terhadap jaringan listrik di Kaur ini, pihaknya sangat membutuhkan peran Pemkab Kaur. Disini pihaknya selalu komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan PLN.

“Di sini ada dua jenis pemadaman, terencana dan tidak rencana. Kalau direncanakan, untuk pemeliharaan trafo. Hal itu yang buat adanya pemadaman. Nah, gangguan tidak terencana ini bencana alam apalagi kondisi cuaca seperti ini rawan gangguan listrik,” tandasnya. (irul)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*