Tanam Cabai, Dibantu Rp 28 Juta per Hektar

TUBEI, BE – Program Pengembangan kawasan hortikultura jenis Cabe seluas 35 hektar di Wilayah Desa Mangkurajo Kecamatan Lebong Selatan sudah memasuki tahap penanaman. Kegiatan penanaman cabai ini dilakukan kelompok tani memanfaatkan Dana Bantuan Sosial dari Kementrian Pertanian melalui Dirjen Hortikultura.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Lebong Ir Rudi Pancawarman mengungkapkan bantuan yang diberikan kepada kelompok tani sebesar Rp 28 juta/hektar. Bantuan dibagi dalam bentuk bibit dan sarana produksi.

“Penanaman memang tidak dilakukan serentak 35 hektar lahan, tapi bertahap. Ini mengantipasi pangsa pasar cabai saat panen. Kita tidak mau saat panen raya harga jual cabai menjadi anjlok. Dengan sistem penanaman bertahap ini kita bisa ikut mengendalikan harga. Artinya pada saat panen antara tingkat permintaan dengan tingkat produksi seimbang,” analisa Rudi.

Agar tingkat keberhasilan tinggi, terang Rudi, kelompok tani agar mendapat pengawasan rutin dari petugas penyuluh lapangan. “Kita memilih daerah Mangkurajo sebagai lokasi penanaman cabe ini karena kondisi tanah dan iklimnya mendukung,” katanya.

Sekadar diketahui kegiatan Bansos Kementrian Pertanian untuk tanaman cabai baru tahun 2012 ini direalisasikan. Jika program ini berhasil kemungkinan besar akan tetap dilanjutkan dengan skala yang lebih luas.”Efek lainnya juga akan meningkatkan pendapatan masyarakat,” pungkas Rudi.(777)