Tambang Emas Gunung Payo Ditutup

LEBONG UTARA,BE – Aktivitas penambangan emas di Gunung Payo Desa Tambang Sawah Kabupaten Lebong ditutup sementara waktu. Ini dilakukan pasca tewasnya seorang penambang emas tradisional Jimson P Simbolon alias Roy, Senin lalu (22/10). “Untuk sementara waktu kita tutup dulu. Kita juga akan memanggil pemilik lubang tambang setempat,” kata Kapolres Lebong AKBP Drs Supriadi melalu Kapolsek Lebong Utara Iptu Emil Winarto SH.

Sementara itu para penambang di lokasi lain masih tetap beraktivitas mencari bongkahan emas. Seperti diungkapkan Jajang (25) warga Desa Lebong Tambang Kecamatan Lebong Utara . Ia mengatakan adanya kejadian penambang yang tewas tertimbun tidak mempengaruhi aktivitas mereka. “Ya, Alhamdulillah selama kami bekerja di sini belum pernah adanya kejadian orang tertimbun. Mudah-mudahan hal tersebut tidak terjadi di sini (lubang kacamata).

Kita di sini bekerja dengan mengutamakan keselamatan. Kalau memang sudah naasnya mau kita bilang gimana lagi, namanya juga sudah risiko mas,” kata Jajang yang baru keluar dari lubang dengan kedalaman 13 meter.
Dikatakan Marman (27) salah satu rekannya sebelum masuk ke lubang, dinding tanah selalu diberikan pengaman berupa kayu penahan. Ini agar tanah tidak longsor.

“Jadi aman kalau kita masuk. Kayu penahan itu setiap hari kita cek kondisinya. Selain itu kita juga menggunakan mesin blower yang dimasukkan dalam lubang agar udara bisa masuk,” pungkas Marman.(777)