Tambahan Anggaran Pilbup Disetujui

Sekda Benteng, Muzakir Hamidi
Foto : Sekda Benteng, Muzakir Hamidi SSos MM

BENTENG, BE – Usulan penambahan dana pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Bengkulu Tengah (Benteng) mendapat persetujuan dari Pemkab Benteng.
Sebelumnya anggaran yang sudah disepakati sebesar Rp 14,484 miliar naik menjadi Rp 19,6 miliar atau bertambah sebesar Rp 5,11 miliar.

“Kepastiannya belum bisa kita sebutkan. Sepanjang aturannya memang ada, secara prosedural telah terpenuhi serta didukung oleh kemampuan keuangan daerah, kenapa tidak disetujui,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Benteng, Muzakir Hamidi SSos MM, kemarin.

Meski begitu, mantan Sekrataris DPRD Benteng ini mengaku pihaknya akan kembali berkoordinasi denganĀ  KPUD Benteng membahas tambahan dana ini. Setelah tuntas, barulah kesepakatan tersebut dituangkan dalan penandatangan nota perjanjian hibah daerah (NPHD) dana pilkada.

“Saat ini masalah kapastian anggaran ini masih kita proses. Limit waktu terakhir adalah tanggal 22 Mei. Sebab itu, kami yakin jelang 22 Mei pelaksanaan NPHD sudah terwujud,” tambah Sekda.
Terpisah, Komisioner KPUD Benteng Divisi Logistik Dodi Herwansyah SPd MM menjelaskan, bertambahnya anggaran pilkada ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) KPU RI mengenai Standar Belanja Umum (SBU) yang digunakan untuk menyusun anggaran pilkada.

Dalam SBU itu terdapat sejumlah item yang belum termasuk ke dalam draft kebutuhan sebelumnya. Selain itu, dari segi kebutuhan honorarius panitia pelaksana juga mengalami peningkatan yang signifikan.

“Sebelumnya kesepakatan waktu penandatanganan NPHD direncanakan tuntas sebelum 30 April kemarin. Akan tetapi, rencana ini molor setelah keluarnya surat keputusan (SK) KPU RI mengenai Standar Belanja Umum yang digunakan untuk menyusun anggaran pilkada. Jika sebelumnya telah disepakati sebesar Rp 14,484 miliar, hasil perhitungan ulang yang kita lakukan mencapai Rp 19,6 miliar,” jelas Dodi.(135)