Tambah Guru Ngaji

Usulan Masyarakat Kecamaan MK

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress – Warga Kecamatan Muara Kemumu mengusulkan penambahan guru ngaji, peningkatan harga material dan bangun jalan. Usulan tersebut disampaikan warga dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) Jumat (8/2) yang digelar pemerintah melalui Bappeda Kepahiang.

Berbagai usulan masyarakat ditampung, mulai dari penambahan guru ngaji, meminta turunkan harga material hingga kepada pembangunan infrastruktur jalan. Sejumlah usulan ditampung Bappeda Kabupaten Kepahiang untuk pembangunan di tahun berikutnya. Diminta usulan yang disampaikan sesuai dengan program yang dicanangkan pemerintah, karena ada 5 program utama yang dilakukan. Yakni, infrastruktur, Pendidikan, Kesehatan, Pertanian dan Pariwisata

Kades Warung Pojok Sopian Aidi meminta supaya adanya kenaikan harga material pembangunan khusus untuk di lokasi pedesaan dan jangan sampai disamakan dengan harga material di perkotaan. Karena harga material di pedesaan akan lebih mahal, lantaran medan jalan yang ditempuh untuk menuju desa mengeluarkan biaya yang besar.

“Kita minta jangan disamakan dengan perkotaan, karena dari toko material kita harus mengeluarkan biaya tambahan supaya material sampai ke desa. Selain itu saya juga minta supaya program bedah rumah sampai ke desanya, sehingga masyarakat bisa terbantu,” minta Sopian.

Kades lainnya, Sosokan Taba Arpani meminta supaya adanya pembangunan jalan penghubung ke Damar Kencana. Karena jalan tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Kepala KUA Muara Kemumu Khairudin juga mengusulkan penambahan guru ngaji di setiap desa, sehingga anak-anak bisa lebih luas untuk meningkatkan pengetahuan terkait keagamaan. “Pendidikan agama seperi ngaji itu perlu untuk anak, dengan itupula kepada pemerintah supaya memperbanyak guru ngaji,” mintanya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kepahiang Ris Irianto, M.Si mengatakan, silakan masyarakat mengusulkan pembangunan apapun itu bentuknya. Tapi jangan sampai keluar dari 5 program pemerintah, infrastruktur, Pendidikan, Kesehatan, Pertanian dan Pariwisata. “Usulan yang disampaikan masyarakat harus benar menyentuh masyarakat, sehingga pemerintah bisa merealisasikan,” demikian Ris Irianto. (320)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*