Taman Rusa Diserahkan ke Dinas Pertanian

Foto: IST

KEPAHIANG, bengkuluekspress.com – Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Kepahiang resmi menyerahkan pertanggung jawaban dan perawatan taman rusa ke Dinas Pertanian dan Perternakan. Sementara untuk pemindahan lokasi taman rusa tersebut belum bisa dipastikan kapan akan dipindahkan dari halaman gedung Bupati dan DPRD. Yang jelas, untuk lahan rencana pemindahan taman rusa tersebut sudah disiapkan di wilayah Kecamatan Kabawetan.

Untuk pembangunan sarana dan prasaranannya, Dinas Parpora dan Dinas Pertanian akan bekerja sama sesuai dengan kesepakatan. Dengan pindahnya wewenang pertanggung jawaban pemeliharaan rusa ini, diharapkan rusa-rusa milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang tersebut bisa berkembang. Sebab untuk penanganan perawatannya sudah sesuai dengan bidang dan ahlinya, yaitu bidang peternakan.

“Kalau bidang peternakan memang ahlinya, jadi kita berharap kedepan rusa-rusa tersebut bisa berkembang,” ungkap Kadis Parpora Kepahiang, Tedy Adeba ST.

Sambungnya, untuk wacana pemindahan penangkaran rusa ke Kecamatan Kabawetan tahun 2020 kemungkinan belum terwujud. Sejauh ini untuk lahan HGU dengan luas 17 hektar tersebut sudah dihibahkan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang. Kemudian untuk pengelolaannya diserahkan ke Dinas Parpora, yang rencananya akan dijadikan taman rusa.

“Kalau tempat pemindahan rusa itu memang Pemkab sudah menyerahkan ke Dinas Parpora. Tetapi nanti, jika memang diserahkan ke Dinas Pertanian untuk dijadikan lahan taman rusa, ya kita pindahkan, kita menunggu dan menjalan kebijakan dari Pemkab,” terang Tedy.

Memang ke depan, sambung Tedy, lokasi wisata Kabawetan akan dijadikan pusat vital objek wisata, termasuk masalah peternakan seperti taman rusa ini. Bila dilihat dari persiapan yang dilakukan untuk memindahkan rusa di Kabawetan masih memerlukan waktu yang panjang, apalagi sekarang anggaran untuk pembangunan wisata di Disparpora Kepahiang masih minim.

“Nanti lokasi lahan itu memang diserahkan Pemkab ke Dinas Parpora untuk pengelolaan, Nanti, kita buat perencanaan terlebih dahulu, jika dari Dinas Pertanian ada yang mau dibangun untuk taman rusa tersebut lebih bagus, artinya ada kerjasama yang baik,” tutupnya. (320)