Talenta Terbaik Catalan

Sergio-Busquets-Wallpaper-2011-2DOMINASI para pemain Barcelona di penghargaan individu terus berlanjut. Setelah Lionel Messi terpilih sebagai pemain terbaik dunia, Andres Iniesta menjadi pemain terbaik Eropa, dan kini Sergio Busquets menyusul sebagai pemain terbaik Catalan.
Busquets terpilih menyisihkan dua seniornya di Barca, yakni kapten Carles Puyol dan kiper Victor Valdes. Gelandang bertahan berusia 24 tahun itu menjadi bintang pada Gala of them Estrelles alias Gala Sepak Bola Catalan.

Penghargaan itu ditentukan melalui voting klub yang bermukim di Catalan dan publik. Makanya, dianggap sebagai penghargaan yang paling dihargai di Catalan. Edisi sebelumnya, pemenangnya adalah playmaker Barca Xavi Hernandez.

“Gelandang bertahan terbaik pada masanya dari sisi visi dan kontribusi mengkreasi permainan. Dia melampaui gaya permainan keras khas pemain bertahan,” jelas Andreu Subies, presiden FCF (asosiasi sepak bola Catalan), seperti dikutip Mundo Deportivo.
Terpilihnya Busquets memang tidak aneh. Sepanjang tahun dia memang menunjukkan performa yang mantap, bukan hanya di Barca melainkan juga di Spanyol.

Dia unggul dibandingkan Puyol yang absen pada Euro 2012 lalu karena cedera, Valdes yang hanya kiper pelapis di timnas Spanyol, dan Xavi yang performanya mulai surut.

Hebatnya lagi, Busquets juga mampu dimainkan sebagai bek tengah bila kehabisan opsi. Faktanya, saat Puyol atau Gerard Pique absen, Busquets bisa dimainkan sebagai bek tengah. Performanya juga tidak buruk, rata-rata teklingnya 3,1 perlaga.

Anugerah pemain terbaik Catalan ini hanya berlaku untuk para pemain asli Catalan. Makanya, Messi, Iniesta, atau David Villa tidak masuk dalam penilaian. Sebab, meski jebolan La Masia, mereka bukanlah warga asli Catalan.

Untuk pelatih terbaik tahun ini jatuh ke tangan manajer Wigan Athletic Roberto Martinez. Sedangkan pemain muda potensial jatuh kepada pemain Barca B Sergi Roberto. (jpnn)