Taklukkan Newcastel 2-1, Spurs Loncati Chelsea ke Peringkat 3

Tottenham Hotspur mampu menaklukan tamunya Newcastle United dengan skor tipis 2-1 di White Hart Lane, dalam lanjutan Liga Primer Inggris, Sabtu (9/2). Gareth Bale menjadi pahlawan kemenangan Spurs dengan dua golnya.

Dengan hasil ini, The Lilywhites berhasil menembus ke peringkat tiga EPL dengan 58 poin. Menyalip Chelsea yang masih akan bertanding, Sabtu (9/2) ini. Sementara The Magpiestetap tertahan di posisi 15 dengan mengumpulkan 27 poin.

spursGareth Bale bawa Spurs unggul lebih cepat ketika pertandingan baru berjalan lima menit. Bale, yang dipasang di pos striker dalam pertandingan ini, mampu melesakkan bola tendangan bebas melewati pagar betis Newcastle sehingga masuk ke pojok gawang Tim Krul. 1-0 tuan rumah unggul cepat.

Newcastle tampak terkejut dengan gol cepat ini dan pasukan Alan Pardew langsung berinisiatif memegang kendali bola sejak saat itu. Beberapa peluang berhasil mereka ciptakan untuk menyamakan skor. Seperti sundulan Papiss Cisse di menit 19 setelah menyambut umpan Fabricio Coloccini yang masih melebar.

Beberapa menit setelah peluang itu, Spurs hampir kembali menggandakan skor lewat sepakan keras Lewis Holtby dari luar kotak penalti. Namun, gelandang yang baru didatangkan dari Schalke ini tak mampu mengarahkan bola tepat sasaran.

Akhirnya, The Magpies mampu membalasnya di menit 24. Kerjasama apik di sayap kanan Newcastle membuat Moussa Sissoko mendapatkan ruang untuk memberikan crossing.Sissoko kemudian memberikan umpan ke Yoan Gouffran yang berdiri bebas. Gouffran menendang ke gawang Hugo Lloris tetapi bola terdefleksi oleh Michael Dawson yang tetap berbuah gol.

Pasca gol penyama kedudukan, tempo permainan yang tadinya cepat berangsur melambat. Kedua tim tak banyak menciptakan peluang berarti. Hingga peluit panjang babak pertama dibunyikan oleh wasit Phil Dowd, kedudukan tetap 1-1.

Pencetak gol Toon Army, Gouffran, terpaksa harus digotong keluar di awal babak kedua karena berbenturan dengan Kyle Walker. Posisinya digantikan oleh gelandang Slylvain Marveaux dan ini membuat daya dobrak Newcastle menurun.

Tottenham kemudian memasukkan Emmanuel Adebayor untuk mengisi lini depan yang tak dapat berbuat banyak di babak pertama. Spurs kemdian terus membangun serangan demi serangan dengan mengandalkan kedua sayap gesit yang mereka miliki dalam diri Aaron Lennon dan Gareth Bale.

Serangan bertubi-tubi yang dilakukan armada Andre Villas-Boas memang kerap gagal karena rapatnya pertahanan Newcastle. Namun, di menit 78, Coloccini lengah dalam membaca bola yang dipantulkan Adebayor di tengah lapangan.

Akibatnya, Gareth Bale mampu menyambar bola itu, menggiringnya ke kotak penalti yang kosong. Bale tampak memiliki ruang tembak kecil dari dalam kotak penalti. Namun, ia mampu menendang bola melewati Tim Krul untuk mencetak gol keduanya dalam pertandingan ini. 2-1, Spurs kembali unggul.

Bale hampir saja mencetak hat-trick andai tendangan kerasnya di menit 86 masuk ke gawang. Sayang, bola berhasil ditepis secara gemilang oleh Krul.

Dalam tuhuh menit injury time, pertandingan tempo pertandingan semakin naik. Beberapa peluang emas berhasil diciptakan kedua tim. Misalnya, pemain pengganti Shola Ameobi hampir menyamakan skor, sayang sepakannya melebar tipis di sisi gawang Lloris. Bale juga dua kali hampir mencetak gol, namun tak menemui sasaran. Sampai peluit panjang dibunyikan, kedudukan tetap 2-1 untuk kemenangan Spurs.

 

Susunan pemain:

Tottenham: Lloris; Walker, Dawson, Caulker, Naughton (Assou-Ekotto 74′); Dembele (Livermore 93′), Parker; Lennon, Holtby (Adebayor 69′), Dempsey; Bale.
Cadangan: Friedel, Vertonghen, Gallas, Sigurdsson.

Newcastle: Krul; Debuchy, S.Taylor, Coloccini, Santon; Gouffran (Marveaux 58′), Cabaye, Perch (Tiote 82′), Gutierrez (Shola Ameobi 86′); Sissoko; Cisse.
Cadangan: Harper, Yanga-Mbiwa, Anita, Obertan.