Tak Sadar Kelebihan Berat Badan

212640_969308_Obesitas
Foto : IST

MAYORITAS orang gemuk di Inggris tidak akan menggambarkan diri mereka sebagai orang yang sangat kelebihan berat badan. Hal ini menurut penelitian baru. Studi dari UCL dan Cancer Research UK, yang diterbitkan di BMJ Open, menemukan bahwa kebanyakan orang yang mengalami obesitas mungkin menyangkal tentang hal itu. Hanya 10 persen dari mereka yang mengalami obesitas secara klinis mengakui memiliki masalah berat badan.

Para peneliti menganalisis hasil survei dari 2007 hingga 2012, dan menemukan bahwa dari 2 ribu orang dewasa, 11 persen wanita gemuk menerima bahwa mereka sebenarnya ‘kegemukan’, sementara hanya 7 persen pria yang mengakuinya. Hanya 10 persen dari peserta tahu ambang BMI untuk obesitas (BMI lebih dari 30).

“Hl ini benar-benar mengkhawatirkan bahwa orang-orang tidak menyadari bahwa berat badan mereka menempatkan mereka dalam kategori obesitas, karena itu berarti mereka tidak sadar bahwa mereka mengalami peningkatan risiko sejumlah masalah kesehatan termasuk kanker,” kata direktur Pusat Perilaku Kesehatan UCL dan rekan penulis studi, Profesor Jane Wardle.

Wardle menambahkan bahwa memanggil seseorang ‘obesitas’ sering dianggap menghina dan menyebabkan banyak orang menolaknya. “Tetapi kami juga bertanya kepada orang-orang apakah mereka merasa ‘sangat kelebihan berat badan’ dan mayoritas dari mereka yang mengalami obesitas tidak menerima istilah ini,” jelas Wardle.

“Ini adalah masalah nyata, karena itu berarti mereka tidak mungkin mengidentifikasi dengan pesan kesehatan tentang masalah berat badan,” tambah Wardle.

Namun, para peneliti menggunakan BMI sebagai ukuran untuk obesitas mengatakan ini bukan cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda memiliki berat badan yang sehat. Seperti yang dijelaskan oleh Business Insider, Erin Brodwin dalam posting, BMI, atau indeks massa tubuh, dirancang untuk memberi Anda gambaran tentang lemak tubuh Anda berdasarkan rasio tinggi dan berat badan.

Tapi itu ukuran yang cukup dasar, karena hanya membandingkan tinggi dan berat badan Anda. Tidak bisa menilai dengan benar apakah orang dengan banyak otot berada pada berat badan yang sehat. Banyak pemain rugby, misalnya, digolongkan sebagai obesitas jika Anda hanya melihat BMI mereka.

Pengukuran berat memberi Anda ide yang jauh lebih baik tentang seberapa Anda sehat. Jika pinggang Anda besar – lebih dari 34,5 inci untuk wanit atau 40 inci untuk pria – maka Anda memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dan diabetes tipe 2. Kelebihan berat badan telah dikaitkan dengan kanker usus, payudara, rahim, esofagus, pankreas, ginjal dan kandung empedu, sehingga membantu orang menyadari bahwa mereka mungkin perlu menurunkan berat badan adalah fokus utama bagi para profesional perawatan kesehatan.

“Mempertahankan berat badan yang sehat adalah salah satu cara paling penting untuk mengurangi risiko kanker, baik untuk pria maupun wanita,” kata Julie Sharp, kepala informasi kesehatan Cancer Research UK. “Sangat penting bahwa pesan dan kampanye kesehatan memiliki dampak kesadaran seefektif mungkin dalam mendukung orang-orang dari segala bentuk dan ukuran untuk membuat pilihan yang sehat,” pungkas Sharp.(fny/jpnn)