Tak Ada Bantuan Pakan, Penyu Lekang di Mukomuko Dilepas

IST/BE
Penyu Lekang yang di lepas pecinta penyu di Desa Pulau Baru Kecamatan Ipuh Mukomuko.

MUKOMUKO,bengkuluekspress.com – Masyarakat pencinta penyu di Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko melepaskan tiga ekor penyu lekang yang sudah berusia 3 tahun lebih dengan berat masing – masing mencapai 20/kg per ekor di laut lepas dan sekitar 100 tukik penyu. Sebab masyarakat yang tergabung dalam pecinta penyu yang selama ini memelihara hewan langka tersebut tidak sanggup lagi memberi pakan, lantaran tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah dan pihak terkait. “Tiga penyu lelang dan seratus tukik penyu sudah kami lepas di laut tepatnya di perairan laut Desa Pulau Baru Kecamatan Ipuh, Kabupaten Mukomuko,” sampai Kades Pulau Baru, Ramli.

Menurutnya masyarakat pecinta dan pemelihara penyu untuk dilestarikan tidak sanggup lagi memberikan makan penyu tersebut. Karena, keterbatasan perekonomian dan lainnya.“Selama ini, masyarakat secara swadaya membeli pakan untuk penyu tersebut. Karena tidak sanggup lagi dengan biaya sendiri. Masyarakat tersebut memilih pelepasan penyu tersebut, meskipun dengan sangat terpaksa,” katanya.

Ramli menyebutkan kebutuhan pakan penyu tersebut sekitar 3 kilogram/hari. Belum lagi dalam pengambilan sumber air dan lainnya. “Harusnya ada support dari pemerintah dan pihak – pihak terkait lainnya. Hanya saja bukti dilapangan tidak ada perhatian. Karena keterbatasan, masyarakat memilih untuk melepas penyu dan tukik di laut lepas,” demikian Ramli. (900)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*