Tak Ada Anggaran, Seluma Tak Rekrut CPNS

TAIS, bengkuluekspress.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma tahun 2021 ini dipastikan tidak akan melaksanakan rekrutmen CPNS 2021 ini. Dengan alasan tidak tersedia anggaran untuk tahapan dan pelaksanaan. Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Seluma, Ikhwan Effendi (19/3/2021). Ia mengatakan seleksi tidak bisa digelar tanpa adanya anggaran, meski kebutuhan tenaga PNS di Seluma masih sangat tinggi.

“Memang pos (anggarannya) tidak ada, karena keterbatasan dana,” jelasnya.

Kendati demikian, Ikhwan menolak penyebab tidak adanya anggaran rekrutmen CPNS tahun ini disebabkan oleh pergeseran anggaran (refocusing), untuk dana penanggulangan pandemi Covid-19.

“Anggaran memang minim sekali ditambah lagi adanya pengurangan (anggaran) ini,” jelasnya.

Ditambahkan, saat ini pihaknya telah bersurat kepada Menpan-RB, terkait dengan formasi CPNS untuk Kabupaten Seluma, sehingga diharapkan ada solusi terkait dengan pelaksanaan CPNS tersebut.

“Sementara kita masih koordinasi dengan Menpan-RB untuk mengambil kebijakan mengenai hal tersebut,” tambahnya.

Namun untuk kemungkinan adanya perubahan mengenai perekrutan CPNS tahun 2021, menurut Ikhwan Effendi, masih akan menunggu petunjuk dari Menpan-RB dan Bupati Seluma. Dan jika memang kemudian ada solusi mengenai anggaran, maka akan diputuskan kemudian.

“Masih kita usahakan, kita koordinasikan terlebih dahulu. Yang penting jangan dikaitkan dengan refocusing anggaran,” demikian tutupnya.

Adapun pada tahun 2019 lalu Pemkab Seluma membuka 190 formasi CPNS, yang terdiri 51 guru, 4 tenaga kesehatan, dan 135 tenaga tekhnis. Proses rekrutmen berlanjut hingga 2020, namun karena pandemi Covid-19 akhirnya pelaksanaan rekrutmen 2020 tidak dilaksanakan. (333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*