Tahun ini, Pemkot Bakal Buka Pendaftaran Formasi PPPK Guru

FOTO IST/ Kepala BKPP Kota Bengkulu, Achrawi.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) mengumumkan pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) guru dan non-guru tahun 2021 dibuka pada Mei hingga Juni. Untuk di Pemkot Bengkulu, tahun ini baru akan membuka untuk formasi PPPK sebanyak 192 orang yang sudah disetujui Kemenpan.

Kepala Dinas BKPP (Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan) Kota Bengkulu, Achrawi mengatakan, nantinya seleksi dilakukan dengan sistem CAT dan dilaksanakan melalui UNBK. Namun saat ini belum ditentukan waktu dan lokasi pelaksanaannya karena pihak penyelenggara masih mematangkan persiapan prosesnya.

“Untuk 2021 kita ada ada penerimaan P3K. Yang sudah disetujui oleh Kemenpan itu sebanyak 191 orang untuk jabatan guru. Untuk pelaksanaannya langsung diambil alih oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dalam hal ini ya Dinas Pendidikan lah yang menjadi leading sektornya untuk BKPP hanya memfasilitasi saja,” jelas Achrawi, Rabu (26/05).

Tentunya, dengan adanya perekrutan P3K ini, pemerintah Kota Bengkulu juga bakal mengurangi jumlah PTT yang ada saat ini. Berdasarkan Undang-undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) disahkan, tak boleh ada lagi rekrutmen guru atau aparat sipil negara honorer karena rekrutmen ASN dilakukan melalui seleksi yang kredibel, akuntabel, dan transparan. (Imn)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*