Tahun Ini Jamkesda Bengkulu Utara Mengalami Peningkatan

ARGA MAKMUR,bengkuluekspress.com – Ditahun 2021 ini terjadi peningkatan terhadap Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Utara (BU). Hal tersebut diakui oleh pihak Dinas Keshatan (Dinkes) BU dalam hal ini Sekretaris Dinkes BU Nova Hendriani SKM MM saat ditemui BE di ruang kerjanya, Senin (19/4). Dimana Pemkab BU di tahun ini memberikan Jamkesda kepada 8.271 jiwa jumlah ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya yakni di angka 5.750 jiwa.
“Ya, untuk Jamkesda memang pertahunnya mengalami peningkatan, dimana tahun ini sebanyak 8.271 jiwa masuk di Jamkesda sedangkan tahun sebelumnya hanya 5.750 jiwa,”kata Nova

Nova menjelaskan, bahwa jaminan kesehatan masyarakat yang berasal dari anggaran pemerintah daerah setiap tahunnya terus mengalami penambahan. Maka dari itu setiap tahunnya peserta Jemkesda juga beetambah.
“Peningkatan ini dikarenakan anggaran Jamkesda tiap tahunnya mengalami penambahan,”terangnya.

Selain melalui Jamkesda, masyarakat Kabupaten BU juga mendapatkan jaminan kesehatan provinsi (Jamkesprov). Dimana untuk tahun ini tercatat 4.583 jiwa yang masuk di Jamkesprov. Dengan bertambahnya angka tersebut untuk target nasional Pemkab BU telah mencapai 76 persen dari 95 target nasional.
“Memang bila ditergetkan data nasional, kita Pemkab BU belum mencapai target, karena masih di angka 76 persen dan ini sudah ditambah dengan data Jamkesprov. Kendati demikian kita sanagt optimis bahwa kedepan hal ini akan tercapai,”tandasnya.(127)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*