Tahun Ini, DKP Kota Bengkulu Bakal Bagikan 6 Kapal Nelayan

FOTO/ Dok. bengkuluekspress.com – Walikota dan Kadis DKP melakukan pembagian kapal nelayan.

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Bengkulu berencana bakal kembali membagikan kapal untuk para nelayan di Kota Bengkulu yang merupakan bagian dari program 1001 kapal. Tahun ini, ada 6 kapal nelayan akan dibagikan untuk membantu nelayan dalam mencari ikan. Jenis kapalnya pun diberi sesuai dengan permintaan nelayan yakni kapal kayu.

” Ya Insyallah tahun ini ada 6 kapal akan kita bagikan. Saat ini tahapannya baru proses tender yang targetnya selesai sebelum 30 Agustus ini. Kita beralih dari kapal fiber ke kapal kayu karena sesuai dengan permintaan nelayan,” jelas Kepala DKP, Syafriandi, Selasa (18/08).

Dari 6 unit kapal tersebut disediakan dengan anggaran senilai Rp 680 juta yang bersumber dari dana DAK. Program ini akan terus berlanjut dan rencananya akan kembali diajukan tahun depan di APBD yang diharapkan dapat membantu para nelayan sebagai salah satu prioritas pemkot.

Selain itu, DKP juga memiliki program untuk nelayan yakni sejuta ikan yang sedang bergulir dibantu Kementerian dan pengadaan teknologi biofloc atau teknologi yang memanfaatkan aktivitas mikroorganisme yang membentuk flok untuk budi daya ikan bagi kelompok nelayan. (Imn)