Tahun Depan, Pantai Panjang Ditata Ulang

Tahun Depan, Pantai Panjang Ditata Ulang
IST

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Guna meningkatkan kunjungan wisata, Pemerintah Kota Bengkulu melalui Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Kota Bengkulu, menata ulang salah satu ikon wisata Bengkulu, Pantai Panjang. Penataan pantai panjang ini diprogramkan dilaksanakan tahun depan, yakni 2019.

Kepala Bapelitbang Kota Bengkulu, Riduan mengatakan, penataan Pantai Panjang terlebih dulu fokus pada penataan lapak pedagang yang saat ini tampak kurang rapi. Rencananya dikapling per 500 meter untuk tempat parkir dan lapak kuliner. Kemudian, lapak yang telah ada saat ini akan dipindahkan ke lahan yang telah dikapling tersebut agar dapat memunculkan kesan tempat wisata yang rapi dan tertata.

“Nanti kita siapkan tempat khusus lapak kuliner. Pedagang yang sudah ada sekarang kita pindahkan kesana agar nilai estetika pantai tempat wisata kita ini lebih tertata. Kalau semuanya rapi kan nanti jadinya cantik,” ujarnya.

Riduan pun menuturkan kedepannya disetiap kaplingan lahan ada gapura yang bisa dimanfaatkan para pedagang atau pihak pengelola lapak. Gapura tersebut nantinya bebas dihias untuk dijadikan tempat berfoto selfie bagi para pengunjung sebagai daya tarik tambahan. Selain itu, diwacanakan akan ada pembangunan skylift di lokasi Pantai Panjang, dan diharapkan skylift ini nantinya meningkatkan PAD.

“Rencana pembangunan akan kita mulai secara bertahap pada tahun 2019 nanti. Saat ini kita sudah menyiapkan masterplan untuk merealisasikan konsep yang ada, dan tahun depan kita susun anggarannya untuk mulai dilakukan pembangunan,” pungkas Riduan. (ibe)