Tahun Depan DD di Seluma Menurun

TAIS, bengkuluekspress.com – Dipastikan alokasi dan Desa Desa (DD) tahun 2021 akan mengalami penurunan. Ini setelah pemerintah pusat mengurangi pagu anggaran dari Rp 146 M menjadi Rp 141 M yang kembali akan didistribusikan ke 182 desa di Kabupaten Seluma.

“Tahun depan DD kita ikut menurun Rp 5 M namun tetap ada desa yang akan mendapatkan DD sebesar Rp 1 M,” tegas Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Seluma, Marah Halim SP MP MSi MAk kepada wartawan.

Lanjutnya, pengurangan ini setelah pemerintah pusat secara keseluruhan mengalami pengurangan. Untuk itu, ini pihaknya akan mengadakan bimbingan teknis terlebih dahulu untuk membahas ulang tentang dana desa bersama Dinas PMD.

“Ya minggu depan kita akan adakan Bimtek, pembahasan tentang perhitungan ulang dana desa, bersama dinas PMD,” ucapnya.

Ditambahkan, masih ada beberapa kategori desa yang besaran angaran dana desa nya tidak mengalami penurunan. Sekalipun mengalami penurunan namun tidak terlalu signifikan. beberapa desa yang alokasi dana desa nya yang akan berbeda. Yang dilihat dari, luas wilaya, jumlah penduduk, kondisi infrastrukutur, dan pendapatan masyarakat.

“Tapi ini masih menunggu penetapan SK bupati. Untuk perbedaan nya, harus masuk di 4 kategori tadi,” pungkasnya. (333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*