Tahun Baru, Pantai Panjang Satu Arah

RATU SAMBAN, BE– Guna mengantisipasi kemacetan saat perayaan malam tahun baru 2013, jalur di kawasan Pantai Panjang hanya dibuka 1 arah. Peraturan ini diberlakukan mulai pukul 19.00 WIB pada tanggal 31 Desember mendatang.
Kapolres Bengkulu AKBP H Joko Suprayitno SST MK memastikan pintu masuk menuju Pantai Panjang hanya dari gerbang Pasir Putih Saja. Sedangkan beberapa simpang yang ada di kawasan pantai panjang hanya di jadikan jalan keluar. “Kita memberlakukan kebijakan ini guna mengantisipasi kemacetan,”terang Kapolres Joko Suprayitno.
Jika pada yang sebelumnya pintu masuk berada di sampaing Polsek Ratu Samban maka untuk pergantian tahun ini kawasan ini di jadikan jalan keluar. Begitu juga dengan gerbang dari Hotel Horizon dan Jalan pada Depan Hotel Pantai panjang. Tidak hanya itu, Polres jugamengumpulkan sejumlah pengelola parkir agar mensterilkan sejumlah kawasan dari kendaraan saat malam tahun baru.
“Pemberlakuan jalan satu jalur ini hanya pada pukul 19.00 WIB. Pukul 02.00 WIB tahun 2013 nanti, jalur kembali normal,” katanya. k
Sedangkan terkait pengamanan di Pantai panjang, Polres Bengkulu menerjunkan kekuatan di sejumlah titik. Petugas pun rutin melakukan patroli guna memastikan keamanan.

Polairud Siagakan Tim
Pergantian tahun dari 2012 menuju 2013, tidak akan dilewatkan oleh masyarakat untuk merayakannya. Diperkirakan seperti tahun sebelumnya, kawasan pantai menjadi pusat keramaian. Terkai Pantai Panjang yang sering memakan korban, Polairud Polda Bengkulu kembali berpatroli, dan menyiaga tim di objek wisata andalan Kota Bengkulu ini. Dengan rutin menyisiri pantai. Penyirisan ini berkoordinasi dengan beberapa Polsek, dan Polres, serta bantuan dari pangkalan TNI-AL.
Kemanan pantai, hingga Pulau Tikus akan menjadi perhatian dari Polairud. Ada 20 anggota serta 2 unit kapal patroli telah disiagakan. Untuk kapal patroli terus memantau kawasan pantai hingga Pulau Tikus. Juga telah disiapkan 8 personil anggota, sehingga untuk masing-masing kapal diisi oleh 4 orang anggota.
“ Tidak hanya anggota, namun peralatan dalam penyalamatan juga disiagakan. Hal ini sebagaimana standar Tim SAR,” ungkap Dir Polairud Polda Bengkulu, Kombes Pol Ir Kasmolan. (333/111)