Tahapan Pilkades Dimulai

Bimtek Pilkades (2)
Ist/Bengkulu Ekspress
PEMBEKALAN: Bimtek penyelenggara Pilkades serentak di Kabupaten Kepahiang saat diberikan pembekalan mengenai tugas dan fungsi penyelenggara serta mengetahui tahapan Pilkades Kabupaten Kepahiang.

KEPAHIANG, Bengkulu Ekspress– Ditengah belum adanya Peraturan Daerah (Perda) terbaru, karena Raperda tak kunjung disahkan DPRD Kabupaten dalam sidang paripurna lalu. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang tetap menyelenggarakan Pemilihan Kepada Desa (Pilkades) serentak untuk 36 desa yang akan dilaksanakan tanggal 17 Oktober 2018.

Tahapan Pilkades sudah dimulai Bagian Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Kepahiang, Rabu (4/7) dengan melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) kepada panitai Pilkades di aula Setda Kepahiang. Sebanyak 103 desa mengikuti bimtek hingga tuntas bersama 8 kecamatan yang diundang panitia. “Selanjutnya pendaftaran pemilih 6 – 17 Juli. Dilanjutkan Pengumuman DPS 18 – 21 Juli, Pencatatan hingga pengumuman DP.Tambahan 22 – 27 Juli 2018,” ungkap Kabag Pemerintahan Umum Setda Kepahiang, Iwan Zamzam Kurniawan SH.

Bimtek Pilkades (1)
Ist/Bengkulu Ekspress
PEMBEKALAN: Bimtek penyelenggara Pilkades serentak di Kabupaten Kepahiang saat diberikan pembekalan mengenai tugas dan fungsi penyelenggara serta mengetahui tahapan Pilkades Kabupaten Kepahiang.

 

Selanjutnya, Penetapan DPT dan pengumuman DPT 28 – 31 Juli, tahapan pencalonan hingga pengundian nomor urut kandidat akan digelar 1 Agustus hingga 10 Sepetember. Kemudian dilanjutkan dengan cetak surat suara 11 September – 10 Oktober. “Masa kampanye kandidat masing-masing kades akan diselenggarakan tanggal 11 – 13 Oktober. Kemudian masa tenang 14 – 16 oktober dan hari pencoblosan surat suara 17 Oktober 2018,” terangnya.

Bimtek pelaksanaan Pilkades serentak di 36 desa tahun 2018 dibuka Wakil Bupati Kepahiang, Neti Herawati SSos. Dari undangan disebar ke desa sebanyak 108 hadir 103 orang, terdiri dari Panitia Pilkades tingkat Desa. Undangan ditingkat kecamatan untuk Camat dan Kasi Pemerintahan dihadiri 14 orang.

Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra, H M Taher SH dan Kabag Pemerintahan Iwan Zamzami Kurniawan SH menjadi pembicara atau narasumber dalam Bimtek.

“Panitia Pilkades saya harapkan indipenden, agar tidak ada peserta yang dirugikan hingga menimbulkan pemasalahan,” ujar Wabup. (320)