Tahapan Pilkades 76 Desa di Benteng Belum Final

Kepala DPMD Benteng, Drs Tomi Marisi MSi

BENTENG,bengkuluekspress.com – Memasuki pertengahan tahun 2021, Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) belum menfinalkan tahapan pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak.
Meski begitu, draf tahapan sudah mulai dirancang dan masih akan dilakukan pembahasan.
“Tahapannya belum final. Yang jelas, Pilkades sudah harus selesai pada bulan Desember 2021.

Sebab, pelantikan Kades terpilih dilakukan sebelum 31 Desember karena masa jabatan Kades lama berahir tanggal 31 Desember,” kata Kepala DPMD Benteng, Drs Tomi Marisi MSi.
Dikatakan Tomi, masyarakat yang ingin mencalonkan diri agar segera melengkapi berkas persyaratan. Yang jelas, setiap calon Kades (Cakades) harus memiliki ijazah pendidikan terakhir SMP sederajat.
“Kades yang telah habis masa jabatan, silahkan saja untuk mencalonkan kembali selagi belum pernah menjabat sebagai Kades selama 3 periode,” jelasnya.

Selain itu, Tomi juga mengimbau kepada seluruh Pemerintah Desa (Pemdes) yang akan menyelenggarakan Pilkades untuk meyiapkan sarana dan prasarana (Sapras) pendukung. Diantaranya adalah alat-alat kesehatan yang berkaitan dengan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19.
“Kami mengimbau agar dana desa (DD) tahap I senilai 8 persen tak dihabiskan. Melainkan disisahkan sebagian untuk pengadaan alat-alat Prokes Covid-19. Seperti masker, hand sanitizer, sarung tangan dan cairan disinfektan. Jangan sampai, Pilkades menjadi klaster baru penyebaran Covid-19,” imbau Tomi.(135)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*