Tagih Janji Walikota

RIO-WARGA TAGIH JANJI WALIKOTA-PROTES JALN RUSAK GG AMALIAH (4)SEBELUM menjabat menjadi walikota Bengkulu, H Helmi Hasan selalu menyuarakan bahwa ia memastikan bahwa jalan dalam Kota Bengkulu akan diperbaiki dan tidak ada yang berlubang lagi. Namun kenyataannya hingga saat ini masih banyak jalan yang rusak berat yang sulit dilalui.  Salah satunya Jalan Amalia 5 dan 6 di kawasan RT 7 Kelurahan Dusun Besar Kecamatan Gading Cempaka Kota Bengkulu.

Kondisi jalan ini cukup memperhatinkan, karena sejak dibangun diera walikota Drs H Chalik Effendi (Alm) 8 tahun silam hingga saat ini belum pernah diperbaiki.  Untuk itu, warga setempat menagih Walikota Helmi Hasan tersebut agar merealisasikan janjinya. Para warga pun telah menyampaikan usulan memperbaiki jalan itu kepada Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bengkulu, namun hingga saat ini belum ada tanggapan.

“Kami sudah beberapa kali mengirimkan surat meminta kedua ruas jalan itu diperbaiki,  namun hingga saat ini belum ada tanggapan dari pemerintah,” aku Ketua RT 7, Sefli, Sabtu kemarin.

Menurutnya, dengan adanya jalan yang rusak berat tersebut menimbulkan kecemburuan sosial antar warga, karena timbul kesan bahwa Walikota Bengkulu pilih kasih dalam hal memperbaiki jalan. Padahal Walikota sudah berjanji akan memperbaiki semua jalan yang rusak.

“Kami hanya menagih janji walikota saat kampanye, mengapa setelah duduk menjadi Walikota janji itu tidak ditepati,” desaknya.
Ia menjelaskan dari beberapa ruas Jalan Amalia yang ada di Dusun Besar itu sudah diperbaiki, namun jalan Amalia 5 dan 6 yang belum tersentuh perbaikan. Akibatnyam, sekitar 60 kk yang tinggal di kedua jalan tersebut masih terisolir,
karena kondisi jalan rusak berat, terlebih saat hujan turun dibeberapa tempat persis seperti kubangan kerbau.

“Jalan itu tidak hanya digunakan oleh warga setempat, namun juga igunakan sebagai masyarakat umum sebagai jalan alternatif menuju Muhajirin,” tuturnya.

Ia mengungkapkan jika diperbaiki tidak terlalu mengfuras APBD Kota Bengkulu,  karena kedua jalan itu hanya berukuran sekitar 500 meter dengan lebar 4 meter.

“Panjang Jalan Amalia 5 hanya 170 meter, sedangkan Amalia 6 sepanjang 300 meter, saya rasa tidak menghabiskan anggaran hingga miliaran rupiah untuk memperbaikinya,” imbuhnya.

Untuk itu, ia berharap agar Walikota Bengkulu H Helmi Hasan merealisasikan janjinya tersebut, agar warga setempat ikut menikmasti fasilitas yang sediakan Pemkot.

Dikonfirmasi, Kepala Bidang Penyusunan Program (Sunram) Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Bengkulu,  Nuriansyah ST MM berjanji akan memperbaiki jalan tersebut pada tahun 2013 ini juga.

“Kita kita perbaiki tahun ini juga, karena kedua ruas jalan tersebut sudah masuk rencana kegiatan Dinas PU tahun  ini,” ucapnya meyakinkan.

Untuk merealisakan perbaikan kedua ruas jalan itu, ia meminta masyarakat untu bersabar. Hal ini dikarenakan APBD Kota Bengkulu baru saja disahkan, dan saat ini masih dalam proses verifikasi oleh Gubernur Bengkulu.
“Pokoknya jika APBD 2013 ini sudah dicairkan, maka kedua ruas jalan itu akan segera diperbiki,” janjinya.(400)