Tabung Gas Meledak, Mobil dan Bengkel Ludes

IPUH, BE – Masyarakat di Desa Pulai Payung Kecamatan Ipuh Kabupaten Mukomuko dihebohkan dengan terbakarnya bengkel las dan 1 unit mobil L300 milik Edi Sapuan yang ditunggu dua pekerjanya yakni  Bambang Sugino dan Sunarno.
Peristiwa itu terjadi kemarin pagi (21/9) sekitar pukul 09.05 WIB. Tidak ada korban jiwa ataupun luka-luka dalam kejadian tersebut. Namun korban mengalami kerugian puluhan juta rupiah.
Kebakaran hebat itu  dipicu diduga dari tabung gas yang meledak. Saat kejadian Bambang dan Sugino baru selesai mengelas mobil milik Ben warga Desa Tanjung Harapan yang terbakar. “Awal saya baru saja mengelas mobil tersebut dan gas tersebut sudah dimatikan. Kemungkinan api dari selang gas tersebut masih ada yang kemudian langsung keluar percikan api,” terang Bambang.
Melihat percikan api,  Bambang dan Sunarno mencoba untuk menyelamatkan barang-barang yang ada. Hanya saja api cepat membesar. Ia hanya berhasil menyelamatkan 1 unit mobil Kijang milik Kades Pasar Baru, Surahmin yang saat itu tengah berada di bengkel. “Sedangkan 1 buah mobil lagi tak terselamatkan,” aku Bambang Sugino didampingi Ketua Forum Pemuda Peduli Sosial (Foppsi) Kabupaten Mukomuko, Zikri.
Dikatakan Bambang, tak hanya mobil L 300 yang terbakar melainkan pakaian dan bengkel yang sekaligus menjadi tempat tinggal dia dan keponakannya ludes terbakar. “Ini bukan kelalaian kami, melainkan diduga tabung gas dan peralatannya yang baru dibeli 2 bulan lalu itu yang tidak bagus. Yang mengakibatkan bengkel yang sekaligus tempat tinggal itu ludes terbakar,” ungkapnya.
Camat Ipuh, Yuzi Rizal mengatakan saat mendapatkan informasi kebakaran tersebut, 1 unit mobil pemadam kebakaran yang standby di kantor Kecamatan Ipuh langsung dikerahkan, hanya saja api begitu cepat dan barang-barang yang di dalam bengkel tersebut tidak bisa lagi diselamatkan. Mobil pemadam kebakaran ini hanya mampu memadamkan api supaya tidak merembet ke bangunan lainnya yang berada di sekitar bengkel  tersebut. “Api sangat cepat membakar bengkel yang terbuat dari papan, yang mengakibatkan bengkel, 1 unit mobil L 300 hangus terbakar,” demikian Yuzi Rizal. (900)