Syarat Tes CPNS Dipermudah

KEPALA BKD PROVINSI
Kepala BKD Provinsi Bengkulu, Dra Hj Diah Irianti MSi

Kuota 2.650, Terbanyak Guru

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) resmi mengeluarkan kuota dan formasi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2018. Untuk di Provinsi Bengkulu, ada 2.650 CPNS yang akan diperebutkan oleh calon pelamar. Terdiri dari tenaga guru 1.493 orang, tenaga kesehatan 746 orang, teknis 392 orang dan honorer K2 sebanyak 19 orang.

Jatah penerimaan CPNS untuk di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu totalnya ada 317 orang, terdiri 201 orang guru, 55 orang tenaga kesehatan, 61 orang teknis dan untuk honorer K2 tidak ada.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Dra Hj Diah Irianti MSi mengatakan syarat tes CPNS daerah lebih dipermudah. Jika untuk seleksi CPNS instansi vertikal dibatasi akreditasi perguruan tinggi dan jurusan, maka untuk di daerah tidak.

Dia mengatakan semua lulusan perguruan tinggi bisa mendaftar. sebab, dalam penerimaan itu tidak diatur minimal akreditasi jurusan dan perguruan tinggi.

“Kalau di akreditasi tidak ada masalah. Asal terakreditasi, semua bisa ikut,” ujar Diah, kepada Bengkulu Ekspress, kemarin (11/9/2018).

Pada lulusan sarjana, hingga saat ini pemprov belum menerima lulusan pada jurusan apa yang diterima. Karena dari KemenPAN-RB dan BKN belum memberikan teknis penerimaanya. Namun yang jelas, untuk penerimaan di pemprov, hanya diperbolehkan untuk lulusan sarjana.

Untuk tingkat SMA sederajat, belum dilakukan perekrutan. Hanya saja ada beberapa kabupaten, yaitu Bengkulu Tengah, Kepahiang, Mukomuko, Bengkulu Selatan, Lebong dan Bengkulu Utara bisa menerima lulusan SMA sederajat. Sebab, lulusan SMA itu diterima dari kuota honorer K2 yang sudah ada di kabupaten tersebut.

“Kalau untuk pemprov hanya sarjana saja dan untuk lulusan apa dan di tempatnya di instansinya, masih kita minta ke KemenPAN-RB,” tuturnya.

Dalam penerimaan CPNS itu, semua syaratnya calon pelamar bisa mengakses melalui dua website resmi pemerintah yaitu Menpan.go.id dan situs resmi Badan Kepegawaian Negara (BK) melalui sscn.bkn.go.id. Website resmi itu akan dibuka tepat pada mulainya pembukaan pendaftaran CPNS pada tanggal 19 September mendatang. “Nanti bisa diakeses di website itu,” paparnya.

Saat pendaftaran nanti, calon pelamar hanya bisa mendaftar di satu jabatan dan satu instansi saja. Jika lebih dari itu, maka secara otomatis akan dibatalkan. Semua dokumen pendaftaran hanya bisa di upload di 2 website resmi dari pemerintah. “Ya hanya satu jabatan yang bisa didaftarkan,” tambah Diah.

Pada pelaksanaan seleksi nanti, para pelamar CPNS akan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), dan kelulusan menggunakan nilai ambang batas (passing grade).

Untuk seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB), Diah menuturkan rencana dua komponen tersebut belum diatur.

Ketika memang nantinya KemenPAN-RB meminta untuk menggunakan cara itu, tentu akan dilaksanakan. Jika melihat rencana KemenPAN-RB dan BKN, nilai SKD memiliki bobot 40 persen dan SKB bobotnya 60 persen. Setiap peserta SKD harus mengerjakan 100 soal tes CPNS 2018. Soal sebanyak itu terdiri dari soal tes wawasan kebangsaan (TWK) 35 soal, tes intelegensia umum (TIU) 30 soal, dan tes karakteristik pribadi (TKP) 35 soal. “Kita belum masuk kesana. Ini masih kita konsultasikan,” beber Diah.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Bengkulu, Dr H Rohidin Mersyah MMA mengatakan, sangat bersukur Provinsi Bengkulu masih mendapatkan kuota untuk perekrutan CPNS tahun 2018. Untuk itu, kesempatan besar ini bisa dimanfaatkan sebaiknya kepada masyarakat Bengkulu untuk ikut dalam rekrutmen CPNS.

“Kita bersyukur, satu sisi kita kurangan pegawai dengan banyaknya PNS kita yang masuk masa pensiun. Silahkan mendaftarkan diri, manfaatkan sebaik mungkin kesempatan ini,” terang Rohidin.

Rohidin meminta masyarakat jangan pernah percaya dengan oknum siapapun yang mengaku bisa meloloskan dalam seleksi CPNS. Sebab, langkah itu tidak bisa lagi dilakukan. Mengingat dalam seleksi CPNS itu telah menggunakan sistem computer assigted tes (CAT).

Sistem itu akan menunjukan secara langsung nilai yang akan diterima oleh para peserta. “Jadi ini bentuk-bentuk kemampuan dari yang bersangkutan. Jangan coba-coba percaya,” tandasnya.

Kemenag Usulkan 350 Kuota CPNS

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu tengah mengusulkan kuota penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi. Instansi vertikal itu, mengusulkan kuota CPNS ini karena kekurangan Aparatur sipil negara serta kekurangan tenaga pendidik pada madrasah.

Usulan itu langsung diantar Kakanwil Kemenag Bengkulu, Drs. H Bustasar MS M.Pd usai pelaksanaan pawai menyambut tahun hijriah, kemarin. “Besok usulan itu harus sudah disampaikan ke pusat, ” ungkap Bustasar. Lebih lanjut dikatakanya, Usulan sebanyak 350 kuota CPNS itu setelah melalui analisis jabatan,



“Harapannya usulan kita bisa disetujui semua, usulan kuota CPNS sebanyak 350 kuota didominasi oleh guru madrasah. Selebihnya tenaga teknis dan administrasi,” jelasnya.

Ditanya berapa pembagiannya, Bustasar mengaku tidak hapal, namun kebutuhan guru sangat diprioritaskan, baik untuk madrasah negeri maupun swasta. “Usulan guru itu paling banyak,karena masih banyak kurang,” katanya.

Jika usulan nanti disetujui, maka dipastikan perekrutan CPNS tanpa calo, berdasarkan pengalaman sebelumnya,perekrutan CPNS akan berbasis teknologi, para calon ASN silahkan persiapkan diri, jangan terpengaruh dengan tawaran-tawaran orang tak bertanggungjawab. (247/151)