Survei Sementara, Sultan Unggul

IST/Bengkulu Ekspress Sultan B Najamudin foto bersama emak-emak di Curup Selatan, Rejang Lebong.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress  РPergerakan calon DPD RI daerah pemilihan Provinsi Bengkulu mulai mengerucut. Nama Sultan B Najamudin mulai terlihat memimpin kecenderungan sebagai calon yang akan banyak dilirik pemilih. Hal ini sangat dipengaruhi strategi kandidat dan tim dalam memilih program yang yang mengena di masyarakat.

Keunggulan Sultan sebagai calon anggota DPD RI didapat dari hasil survei internal Forum Jaringan Pemilih Muda Bengkulu (FJPMB) dalam masa survei di bulan Maret 2019. “Dari hasil survei yang dilakukan jaringan kita di lapangan, Bungsu masih unggul di beberapa daerah ” terang Koordinator FJPMB, V. Reviansyah ketika dihubungi media, Selasa (26/3).

Pria yang akrab di sapa Revi ini menambahkan pihaknya juga melakukan jajak pendapat serupa untuk DPR RI. Hasil ini menurutnya lagi sebagai potret di lapangan berdasarkan wawancara dengan masyarakat. “Kita tanya dengan masyarakat apakah mengenal kandidat DPD RI, lalu dari mana informasi tersebut didapat,” ujar mantan aktivis salah satu kampus negeri di Kota Bengkulu ini.

Khusus bagi Sultan, segmen emak-emak dan pemilih milenial masih mendominasi dukungan terhadap kandidat yang juga mantan Wakil Gubernur Bengkulu ini. “Bung Sultan mampu menarik pendukung dari kalangan emak-emak dan pemilih pemula, mungkin karena kandidat ini juga masih tergolong muda. Faktor lain yang membuat Sultan unggul adalah karena Sultan dianggap politisi bersih dan sering blusukan ke desa-desa,” jelasnya

“Setiap kandidat punya keunggulan masing-masing dan untuk Sultan, faktor bersih dan merakyat menjadi dominan mendongkrak tingkat elektoral di lapangan” lanjut pemuda kelahiran Kaur ini.

Sebaran alat peraga kampanye dan pengenalan melalui media cetak dan elektronik juga menjadi alasan lain Sultan mendulang dukungan.

Ramai di Setiap Kunjungan

Masa kampanye yang telah dimulai pada minggu ketiga bulan Maret ini juga dimanfaatkan Sultan untuk mengintensifkan kunjungan ke daerah sesuai aturan yang telah ditentukan oleh KPU.Ketua Divisi Penjadwalan Kampanye Sultan, Virjo Setiawan secara terpisah mengatakan pihaknya juga merasakan keunggulan kandidatnya dari setiap ramainya titik kunjungan di lapangan.”Kita juga bersyukur karena titik kunjungan kita selalu ramai,” terangnya.

Titik kampanye yang telah disusun menurutnya tersebar di setiap kabupaten/kota. “Kita susun agar dukungan kepada kandidat dapat merata, karena kita anggap setiap daerah adalah basis,” pungkasnya. Diketahui, sehari sebelumnya Sultan dan rombongan menghabiskan seharian berkeliling Kabupaten Kepahiang. Kemarin, Sultan mengunjungi Rejang Lebong dan bertemu beberap tokoh politik Rejang Lebong yang siap mendukung Sultan. (**)