Survei Jalinbar

jalinbarUNTUK meminimalisir dan mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas selama berlangsungnya arus mudik lebaran, dalam waktu dekat jajaran Satlantas Polres Mukomuko akan melakukan survei jalan lintas barat (Jalinbar), khususnya yang masuk dalam wilayah hukumnya.

“Dalam waktu dekat survei tersebut mulai kita lakukan,” ujar Kapolres Mukomuko, AKBP Sigit Ali Ismanto SIK melalui Kasat Lantas, AKP Rikki Operiady SSos dikonfirmasi Bengkulu Ekspress.
Dari hasil survei nantinya, selain mendata berapa titik jalan yang di kategorikan rusak yang diakibatkan beberapa faktor, termasuk kegiatan pembangunan yang tengah berjalan dan lainnya.

Dalam survei itu akan melibatkan pihak teknis terkait di jajaran Pemda Mukomuko. Dari pendataan itu diharapkan adanya tindak lanjut dari pihak – pihak terkait, karena kondisi jalan yang rusak itu harus di perbaiki yang merupakan tanggung jawab pemerintah melalui SKPD dan pihak terkait. Untuk data sementara, kata Kasat Lantas, dari ratusan kilo meter jalinbar di Kabupaten Mukomuko, sekitar 50 persen dalam kondisi baik dan selebihnya rusak berat, sedang serta ringan. “Jalan nasional yang bagus itu, diantaranya di wilayah Kecamatan Air Rami – Bunga Tanjung, Pondok Suguh. Dari Bunga Tanjung, Kecamatan Pondok Suguh – Lubuk Pinang hingga berbatasan dengan Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), kondisinya banyak rusak,” katanya.

Ia juga menyampaikan, jalan yang sangat berbahaya juga diakibatkan penggalian jalan yang saat ini masih dalam pengerjaan. Pihaknya akan mengingatkan agar pihak perusahaan maupun rekanan dalam pekerjaan proyek itu, khususnya jika ada penggalian harus sesegera mungkin ditimbun kembali. Ini untuk menghindari hal – hal yang tidak diinginkan. Ditambah lagi jalan tersebut sempit.

“Saat inikan jalan nasional ini tengah ada pelebaran. Disejumlah titik banyak ditemukan jalan berlubang akibat penggalian. Untuk mencegah terjadinya kecelakaan menjelang maupun selama arus mudik lebaran, kita akan meminta pihak yang bersangkutan sesegera memperbaikinya. Contohnya, jika ada galian dan pada hari itu juga harus ditimbun,” lanjutnya. (900)