Surau Tanpa Atap, Dibangun Setelah Ada Wasiat dari Mimpi

 

SUCI/BE
Musala atau Surau Tanpa Atap terletak di kawasan Pantai Panjang, Kota Bengkulu, tak jauh dari Taman Pantai Berkas.

BENGKULU, BE – Biasanya Masjid atau Surau indentik dengan bangunan yang luas dan beratap. Nah, di Kota Bengkulu ada sebuah Surau tidak beratap yang dikenal sebagai “Surau Tanpa Atap”. Surau ini dibangun pada tahun 1941 dan didirikan kembali tahun 2014, yang terletak di kawasan Pantai Panjang, Kota Bengkulu, tak jauh dari Taman Pantai Berkas.
Juru kunci Surau, Gio (40), mengatakan tahun 2014, ia mendirikan kembali surau tersebut sesuai dengan wasiat dari ahli waris tanpa mengubah bentuk awal surau serta tanpa atap.
“Bentuk awal surau ini memang tidak memiliki atap, selain itu surau ini juga hanya memiliki dinding setengah,” katanya.
Di seluruh permukaan dinding surau ini dipenuhi dengan ornamen berupa ayat ayat Al-Quran, Bacaan Asmaul Husnah serta Kumpulan Doa Doa beserta manfaatnya. Ia mendapatkan amanah melalui mimpi untuk mengurus dan membangun kembali Surau tersebut.
Bermodalkan dengan uang Rp.100.000 serta adanya keyakinan dan niat dari diri sendiri, ia berhasil membangun Surau tersebut tanpa adanya bantuan dari mana pun. Kemudian, ia juga diamanatkan untuk tidak meminta-minta sumbangan dalam pembangunan surau. “Alhamdulillah dengan uang Rp.100.000 surau ini berdiri tanpa saya meminta-minta sumbangan, ” ujarnya
Tanpa ia meminta sumbangan setiap pengunjung yang lewat sekitar surau datang untuk memberi bantuan. Bukan hanya warga Kota Bengkulu saja namun pengunjung dari luar kota juga memberi bantuan. Bantuan tersebut berupa uang dan perlengkapan ibadah. “Semua perlengakapan disini Alhamdulillah dengan sedekahnya orang-orang, ” ungkapnya.
Sampai sekarang surau ini masih aktif digunakan oleh warga sekitar untuk tempat ibadah atau hanya sekedar berkunjung melihat bangunan Surau Tanpa Atap.
Jika kalian penasaran dengan surau ini, kalian bisa mencoba mengunjunginya langsung. Karena akses ke Surau Tanpa Atap ini hanya berjarak sekitar 5 sampai 10 menit dari pusat kota. (MG.15)