Surat Suara Tiba Di KPU Kota

IST/Bengkulu Ekspress
= Persiapan surat suara menuju ke Kota Bengkulu yang dikawal ketat oleh Polres, KPU dan Bawaslu saat berangkat pada Senin lalu.

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Surat Suara yang akan digunakan pada Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April mendatang, sedang dalam perjalanan menuju ke Kota Bengkulu. Surat Suara ini didistribusikan langsung oleh perusahaan percetakan yang berada di Jakarta. Dalam perjalanannya, mendapatkan pengawasan langsung dari pihak kepolisian Polres Bengkulu didampingi oleh KPU Provinsi dan Bawaslu Kota Bengkulu.

” Surat suara didistribusikan dari perusahaan pencetakan sejak tanggal 11 Maret kemarin,” kata Ketua KPU kota, Zaini SAg, kemarin.

Surat suara ini diprediksi akan tiba di Kota Bengkulu besok pagi (hari ini), mengingat pendistribusian melalui jalur darat. “Konfirmasi terakhir pukul 15.00WIB tadi perjalanan masih di Lampung tengah, dan diperkirakan besok pagi baru tiba di Kota Bengkulu, diangkut menggunakan 2 truck,” ungkapnya.

Ia menyebutkan sebelumnya KPU Kota Bengkulu telah mengajukan pencetakan surat suara sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) II dengan jumlah 248.622 lembar ditambah 2 persen yang nantinya dikalkulasikan untuk kertas suara Pilpres, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD kota. “Yang sudah dicetak sesuai dengan usulan kita berdasarkan DPTHP yang kita plenokan dulu,” jelasnya.

Disisi lain, terkait beberapa Calon Legislatif (Caleg) tingkat kota yang mengundurkan diri atau telah meninggal dunia setelah ditetapkan sebagai DCT, maka pihak KPU akan mencoret nama caleg bersangkutan dari surat suara yang sudah terlanjur dicetak. ” Bagi mereka-mereka yang sudah tidak memenuhi syarat lagi maka akan dilakukan pencoretan. Karena, mereka dinyatakan Tidak Memenuhi syarat setelah surat suara terlanjur dicetak,” ungkap Zaini. (805)

Jenis Surat Suara dan Jumlah Lembar :
Jenis Jumlah/Lembar
Surat Suara Pilpres 254.595
Surat Suara DPD RI 254.595
Surat Suara DPR RI 254.595
Surat Suara DPRD Provinsi 254.595
Surat Suara DPRD kota Dapil 1 66.037
Surat Suara DPRD kota Dapil 2 75.762
Surat Suara DPRD kota Dapil 3 59.891
Surat Suara DPRD kota Dapil 4 55.906
TOTAL 1.275.976 Lembar