Surat Suara Tiba di Gudang KPU

ARGA MAKUR, Bengkulu Ekspress РSurat suara untuk Pemilu 17 April 2019 tiba di KPU Bengkulu Utara, kemarin.  Surat suara yang dimasukkan ke dalam 1.623 kotak itu diangkut menggunakan mobil truk, dan tiba di Bengkulu Utara dini hari (12/3) dengan pengawalan ketat personel kepolisian.

Ketua KPU Bengkulu Utara, Roges Mawansyah mengatakan, surat suara yang tiba ini berjumlah 1.623 koli atau boks. Dimana dalam boks-boks ini terdapat 1.076.586 lembar surat suara. Dari 1 juta surat suara ini terdapat 1.000 surat suara yang merupakan surat suara cadangan.

“Ya hari ini kita melakukan penurunan dari truk sebanyak 1.623 koli surat suara, dan surat suara ini lengkap mulai surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPD dan DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Bengkulu Utara,” kata Roges.

Ia menambahkan, proses penurunan surat suara ini diawasi KPU Bengkulu Utara. Selanjutnya, KPU Bengkulu Utara akan menyortir dan memisahkan dahulu surat suara tersebut apakah terdapat kerusakan atau tidak.



“Dalam proses pembokaran ini, kita akan cek langsung apakah ada boks yang basah atau robek, apabila ada yang rusak dan robek maka kita akan memisah atau menyortirnya terlebih dahulu, setelah itu baru kita periksa bersama-sama dengan Bawaslu untuk memastikan bahwa isinya tidak rusak. Jika memang ada yang rusak akan kita hitung betul sehingga kita bisa mengklaim kembali ke pihak penyedia melalui KPU provinsi,” jelasnya.

Terkait dengan logistik lainnya yang mengalami kekurangan, baik bilik suara, tinta, dan segel, Roges mengaku akan tiba pada akhir Maret hingga awal bulan April mendatang. “Logistik lainnya yang masih kurang sudah kita laporkan ke KPU RI melalui KPU Provinsi dan dipastikan sudah tiba awal bulan April mendatang, termasuk juga surat suara ini apabila ada kekurangan,” tandasnya.(127)