Surat Suara Dijaga 24 Jam

Kabid Humas
AKBP Sudarno

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Pencoblosan calon presiden (capres), anggota DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota telah barjalan kondusif di wilayah Provinsi Bengkulu. Paska pencoblosan kotak surat suara yang sudah selesai dihitung dan diserahkan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari tempat pemilihan suara (TPS). Proses ini dijaga ketat oleh petugas gabungan Polri, TNI, dan Linmas. Surat suara dipastikan dijaga selama 24 jam.

“Untuk kotak suara dan isi kotak suara yang berada di PPK nantinya dijaga ketat oleh semua anggota yang tadinya melaksanakan PAM di TPS. Kemungkinan anggota akan kembali kita tambah hingga nantinya diserahkan ke KPU,” kata Kapolda Bengkulu Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen) Pol Drs Supratman MH melalui Kabid Humas Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Sudarno SSos MH, kemarin (17/4).

Ia menjelaskan, nantinya baik di PPK maupun di KPU, anggota kepolisian, TNI dan Linmas akan berjaga selama 24 jam, setelah semua proses penghitungan suara selesai yang dilakukan tiap TPS.”Kita terjunkan anggota untuk mengamankan kotak suara tersebut hingga nantinya diserahkan ke KPU Provinsi maupun Kabupaten Kota,” bebernya.

Ia menjelaskan, penjagaan dan pengawalan surat suara yang sudah dihitung nanti merupakan tugas dan kewajiban pihaknya dan merupakan instruksi dari Kapolri agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan nantinya.“Pokoknya anggota melekat terus hingga kotak suara sampai di KPU dalam keadaan aman dan nanti pun sewaktu kotak suara sudah berada di KPU pun akan kita lakukan penjagaan dan pengawalan dengan anggota bersenjata agar rekapitulasi surat suara bisa berjalan kondusif, aman dan damai,” tuturnya.

Selain itu, sekarang ini pun anggota yang melakukan pengamanan di TPS sebanyak 800 personel yang tersebar di 9 Polres se-Provinsi Bengkulu, terus melakukan pengamanan hingga tanggal 18 April nanti agar perhitungan suara di tiap TPS bisa selalu kondusif dan aman. “Jika nanti masih diperlukan pengamanan, maka waktu tersebut akan kita perpanjang nantinya sesuai keperluan dan situasi dilokasi TPS tersebut,” tutupnya. (529)