Sumber Urip Jadi Percontohan Donor Darah

ARY/Bengkulu Ekspress
Kegiatan donor darah yang dilaksanakan PMI Rejang Lebong beberapa waktu lalu, saat ini PMI Rejang Lebong menjadikan Desa Sumber Urip sebagai percontohan donor darah karena antusias warganya untuk melaksanakan donor darah.

CURUP, Bengkulu Ekspress– Setelah ditetapkan sebagai kampung donor darah. Saat ini Desa Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang Lebong menjadi percontohan kegiatan donor darah di Kabupaten Rejang.Desa yang ada di kaki Gunung Api Kaba atau Bukit Kaba ini menjadi percontohan donor darah, karena setiap kali masyarakat Rejang Lebong atau PMI Rejang Lebong membutuhkan daerah maka warga Desa Sumber Urip yang mayoritas adalah petani sayuran dengan sukarela mendonorkan darah mereka.

“Karena antusias masyarakatnya untuk mendonorkan darah setiap ada keperluan darah, maka PMI Rejang Lebong menjadikan Desa Sumber Urip sebagai percontohan kegiatan donor darah,” sampai Mardiani salah satu pertugas donor darah dari PMI Rejang Lebong.

Dijelaskan Mardiani, masyarakat didesa tersebut sangat antusias untuk mendonorkan darahnya selain karena niat mereka untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah juga masyarakat didesa tersebut juga sudah memahami terkait dengan manfaat dari kegiatan donor darah untuk menjaga kesehatan mereka.



“Masyarakat Sumber Urip antusias untuk donor darah, selain karena untuk membantu masyarakat mereka juga telah sadar dengan donor darah maka baik untuk kesehatan mereka,” tambah Mardiani.

Dengan telah tingginya kesadaran masyarakat untuk melaksanakan donor darah tersebut, maka menurut Mardiani saat PMI Rejang Lebong dalam kondisi darurat yaitu membutuhkan darah, maka pihaknya cukup menghubungi Desa Sumber Urip untuk menanyakan siapa bisa didonorkan darahnya.”Saat kita butuh darah, kita langsung menelpon warga, mereka langsung melakukan donor, setiap kali donor darah di Desa Sumber Urip kita bisa mengumpulkan 20 sampai 30 kantong darah,” paparnya.

Di sisi lain, Mardiani juga mengungkapkan untuk memenuhi kebutuhan akan darah di Kabupaten Rejang Lebong, dalam waktu dekat ini PMI Rejang Lebong terus melakukan kegiatan donor darah keliling, bahkan dalam waktu dekat ini kegiatan donor darah akan dilakukan ke sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.Terkait dengan kebutuhan darah di Kabupaten Rejang Lebong sendiri, menurut Mardiani dalam satu harinya kebutuhan darah di Kabupaten Rejang Lebong bisa mencapai 30 sampai 40 kantong darah. (251)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*