Sumber Api dari Korsleting Listrik

KOTA MANNA, BE – Penyebab kebakaran yang mengakibatkan rumah sekaligus tempat usaha fotocopy milik Nova Aldoni (36), warga Jalan Kartini  Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Kota Manna ludes, dipastikan karena adanya korsleting listrik.

Hal ini diungkapkan Kapolres BS AKBP Yohanes Hernowo SIK MH melalui Kapolsek Kota Manna Iptu Ahmad Mega Rahmawan SP, kemarin.”Dari hasil olah TKP, kami memastikan penyebab kebakaran itu karena korsleting listrik kemudian menyambar mesin fotocopy,” katanya.

Pasalnya, kata dia, saat kejadian itu dari keterangan keluarga korban dan juga warga yang ada di sekitar lokasi, kalau api mulai terlihat dari ruang mesin fotocopy milik korban. Lalu api itu menyambar tabung tinta mesin fotocopy yang kemudian meledak dan api lansung membesar.

Ditambah lagi dalam ruangan itu ada dua unit mesin fotocopy yang lokasinya berdekatan, ditambah lagi banyaknya kertas di ruangan itu sehingga api cepat menjalar dan akhirnya menghanguskan seluruh isi rumah dinding papan tersebut. Selain itu tidak ditemukan ada unsur kesengajaan dalam kebakaran itu.

Untuk itu Mega mengimbau kepada warga untuk berhati-hati dalam menggunakan peralatan listrik ataupun yang dapat menimbulkan api.Pasalnya dalam musim kemarau ini, api akan sangat sepat menjalar.

“Bagi yang ada peralatan yang menggunakan listrik untuk dipastikan dahulu dalam kondisi baik sehingga tidak terjadi korseting listrik yang dapat berakibat patal seperti yang terjadi pada rumah sekaligus tempat usaha mesin fotocopy milik Nova tersebut,”terangnya.

Sementara itu dengan adanya musibah yang dialami oleh keluarga Nova itu, pihak Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Sosial BS langsung menyalurkan bantuan masa panik kepada korban. Bantuan itu diberikan langsung oleh Kabid Sosial Drs Awan Salin kepada korban. Bentuk bantuan itu berupa bahan makanan, perabotan rumah tangga dan sebagainya.

Aswan mengaku turut prihatian atas kejadian itu dan berharap agar keluarga korban dapat kembali bangkit untuk memulai usaha yang baru. “Bantuan ini sifatnya untuk sekedar membantu keluarga korban paska musibah terjadi. Semoga bantuan ini dapat bermanfaat dan keluarga korban dapat cepat bangkit dan tidak berputus asa atas peristiwa kebakaran ini,” terangnya usai menyerahkan bantuan masa panik kepada keluarga korban, kemarin.

Sedangkan Nova yang didampingi istrinya serta ketiga anaknya mengucapkan terima kasih dengan  adanya kepedulian Pemkab BS atas musibah yang dialami keluarganya itu.  Pasalnya dengan musibah yang dialaminya itu saat ini keluarganya sudah tidak memiliki apa apa lagi.

Akibat kebakaran yang secepat kilat itu keluarganya tidak sempat mengeluarkan barang-barang yang ada di dalam rumah itu seperti pakaian, 2 sepeda motor yakni Honda Supra X dan Vespa serta perabotan rumah tangga lainnya.

“Bantuan ini sangat berguna bagi keluarga kami karena saat ini hanya pakaian di badan yang masih tersisa,” ucapnya yang paska terbakarnya rumahnya itu terpaksa mengungsi ke rumah pamannya yang tidak jauh dari rumahnya yang terbakar itu.(369)