Sumbangan Dana Kampanye di Kepahiang Dibatasi Rp 750 Juta

KEPAHIANG bengkuluekspress.com – Menjelang penetapan pasangan calon (Paslon) kepala daerah (Kada) di Kabupaten Kepahiang hari ini Rabu (23/9).
Selasa (22/9) pagi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepahiang menggelar sosialisasi kepada para LO serta partai pengusung bakal pasangan calon (Bapaslon) Hidayat – Nata dan Ujang – Firdaus dengan melibatkan perwakilan bank menyangkut dana kampanye dari bapaslon yang akan bertarung pada pilkada Kepahiang 9 Desember mendatang. Berdasarkan PKPU nomor 5 tahun 2017, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan besaran dana sumbangan parpol sebesar Rp 750 juta dan sumbangan swasta serta perorangan Rp 75 juta.

Komisioner KPU Kepahiang, Syamsul Komar menyampaikan, bahwa untuk dua Bapaslon yang akan bertarung diwajibkan untuk membuat rekening khusus dana kampanye serta sumber dana yang didapati oleh bapaslon. Karena akan dilakukan audit terkait penggunaan serta sumber dana yang di dapat oleh masing – masing Bapaslon.
“Setoran sumbangan dana ini akan dihitung sumbernya dan jika sumbangan melebihi jumlah yang telah ditetapkan, maka dana tersebut tidak bisa digunakan untuk kampanye dan akan dimasukkan ke kas daerah,” tutupnya.

/Penetapan Paslon

Sesuai agenda, Rabu (23/9) KPU Kepahiang akan melakukan rapat pleno tertutup untuk menetapkan 2 bapaslon menjadi paslon Bupati dan Wabup Kepahiang yang akan mengikuti Pilkada 9 Desember.
Komisioner KPU Kepahiang, Ikrok SPd menyampaikan, dari hasil penelitian keabsahan syarat calon, kedua Bapaslon yang mendaftar ke KPU Kepahiang, yaitu Hidayatullah Sjahid – Zurdinata dan Ujang Syaripudin – Firdaus Djaelani sudah dinyatakan lengkap. Hanya saja, apakah keduanya bisa ditetapkan sebagai paslon, tunggu saja hasil pleno tertutup KPU Kepahiang.
“Besok (hari ini, red) kita akan mulai pleno pukul 09.00 WIB di aula KPU Kepahiang, hasilnya nanti akan kita sampaikan kepada Bapaslon melalui LO,” sampai Ikrok.

Ia meminta, kepada kedua Bapaslon Kabupaten Kepahiang serta pihak lainnya termasuk masyarakat Kepahiang supaya tetap tenang dan menjalankan aktifitas seperti biasanya. Tidak perlu untuk datang ke KPU Kepahiang, karena hasil akhirnya akan disampaikan langsung oleh KPU Kepahiang kepada Bapaslon.
“Seluruh pihak silakan tunggu saja di rumah masing – masing dan hasilnya nanti akan kita serahkan ke Bapaslon melalui LO serta akan kita umumkan di papan pengumuman KPU Kepahiang,” kata Ikrok.(320)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*