Sumardi Sapu Bersih Kabinet Kanedi

foto; Rio/BE
foto; Rio/BE

Mantan Kepsek Ancam PTUN

BENGKULU, BE – Detik-detik menjelang pelaksanaan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota (Pilwakot) Bengkulu 22 Desember besok, Penjabat Walikota Drs H Sumardi MM melakukan mutasi besar-besaran. Tidak tanggung-tanggung jumlah yang dimutasi pun mencapai 178 orang yang terdiri dari pejabat eselon II, III, IV dan kepala sekolah yang digelar di Balai Kota, kemarin sore.
Mutasi ini terkesan politis sebagai ajang bersih-bersih Pemkot dari hal-hal yang berbau  kandidat Walikota H. Ahmad Kanedi, SH, MH.  Ini ditandai dengan lengsernya sejumlah  pejabat yang memiliki kedekatan dengan Bang Ken.

Seperti Kadis PU Barlian Baksin ST dimutasi menjadi Kadis Pertamanan dan Kebersihan kota, H Shafwan Ibrahin dari Kadis Perindag menjadi Staf Ahli Walikota Bidang Kemaasyaratan dan SDM, Yusmini SE MM dari Kasubag Anggaran pada Bagian Keuangan Setda kota menjadi Kasubid Evaluasi dan Perizinan pada Bidang Analisa Pencegahan Dampak Lingkungan BLH kota, dan sejumlah pejabat lainnya.
Termasuk camat yang wilayahnya menjadi basis suara kemenangan Bang Ken pun ikut tergerus. Seperti Camat Gading Cempaka, Yurizal, S.Sos, Camat Ratu Samban M Nasir, Camat Selebar, Yusmainingsih. Tak ketinggalangan sejumlah kepala sekolah (Kepsek) ikut-ikutan dirombak (lengkap lihat grafis).

Tak hanya itu kabar yang bergulir cukup kencang, dalam beberapa hari ke depan Sumardi juga akan mencopot Sekda Kota Drs H Rusli Zaiwin, MM yang ditengarai dekat Bang Ken. Sembari menunggu proses pergantian, izin gubernur dan izin mendagri, jabatan Sekda Kota akan di plt kan dengan Drs Yadi, MM yang saat ini menjadi Kepala Badan Kesbangpolinmas Kota. Proses mem-ptl-kan tersebut diketahui tengah diajukan di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi.  Indikasi akan di-plt- kannya Rusli Zaiwin, begitu kentara lantaran proses mutasi yang digelar kemarin (20/12) tidak melibatkan Sekda Kota yang notabenenya merupakan Ketua Baperjakat (Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan). Bahkan informasi terhimpun, beberapa jam jelang proses mutasi Kepala BKD Bujang HR mengutus staf BKD beserta ajudan untuk menemui Sekda Kota untuk meminta tanda tangan persetujuan daftar mutasi. Tidak mendapatkan penjelasan selayaknya dari BKD, Rusli Zaiwin tidak bersedia menandatangani daftar mutasi tersebut.

Dikonfirmasi terkait hal tersebut Rusli Zaiwin enggan berkomentar. Ia mengakui memang tidak hadir dalam proses mutasi tersebut lantaran kondisi fisiknya belum fit pasca melakukan sejumlah perjalanan dinas. “Aduh kali ini saya belum bisa komentar ya, mohon dimaklumi,” ungkap pejabat eselon II yang dikenal dekat dengan media tersebut.

Anehnya, Sumardi pun enggan memberikan keterangan kepada awak media. Ia malah meminta Kepala Badan Kepegawaian (BKD), Drs Bujang HR untuk memberikan keterangan pers. “Wawancara sama kepala BKD saja, ya,” ujar Sumardi sembari meninggal ruangan mutasi.

Sementara itu, Kepala BKD Bujang HR mengatakan bahwa mutasi tersebut berdasarkan kebutuhan organisasi Pemerintah Kota Bengkulu. Bahkan ia menegaskan bahwa mutasi itu tidak ada kaitannya dengan Pilwakot 2012 ini.
“Itu murni kebutuhan setelah melalui kajian Baperjakat, semuanya berdasarkan kebutuhan tidak ada hubungannya dengan Pilwakot,” ujar Bujang.

Lantas bagaimana respon Bang Ken? Ketika dikonfirmasi tadi malam, Bang Ken mengaku memaklumi apa yang sudah dilanjutkan penjabat walikota. Ia pun menghormati kewenangan dan kebijakan yang telah dijalankan.”Biarlah masyarakat menilai dari sudut yang berbeda terhadap mutasi ini. Apa yang saya lakukan selama ini didasari ikhlas untuk mengabdi,” ucapnya seraya mengaku saat ini dirinya lebih banyak melatih kesabaran dan tawakal.

Cacat Hukum
Sementara itu, mutasi besar-besaran dinilai cacat  hukum. Ini karena bertentangan dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2008 tentang Perubahan ke-3 Atas Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2005 Tentang Pemilihan, Pengesahan Pengangkatan, dan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah.

Pada  pasal 132A bagian 1 disebutkan penjabat kepala daerah dan atau pelaksana tugas kepala daerah yang diangkat untuk mengisi kekosongan jabatan kepala daerah karena mengundurkan diri atau mencalon/dicalonkan sebagai kepala daerah/wakil kepala daerah, serta kepala daerah yang diangkat dari wakil kepala daerah yang menggantikan kepada yang mengundurkan diri atau mencalon/dicalonkan yang salah satunya melarang melakukan mutasi, kecuali setelah mendapatkan persetujuan tertulis dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Selain merujuk pada PP nomor 49 tersebut, kami juga sudah berkonsultasi ke Mendagri dan hasilnya pun tetap sama yakni seorang Penjabat Walikota tidak bolehkan melakukan mutasi, kecuali ada persetujuan dari Mendagri,” kata Wakil ketua Badan Legislasi (Banleg) DPRD kota, Ahmad Badawi Saluy SE MSi saat dihubungi malam tadi.

Mantan Ketua DPD PAN Kota ini menjelaskan banyak dampak yang ditimbulkan dari mutasi tersebut, seperti penempatan pejabat tidak tepat sasaran. Karena Penjabat Walikota belum mengetahui secara detil kemampuan pejabat yang dimutasi tersebut. “Mutasi juga mempengaruhi program masing-masing SKPD akibat pimpinan SKPD tersebut diganti oleh orang lain,” tukasnya.

Ancam PTUN

Kalangan pendidikan terutama Kepsek yang dimutasi juga melakukan perlawanan. Seluruh mantan Kepsek berencana akan menggugat ke PTUN Bengkulu. Mereka menilai mutasi ini tak sesuai dengan Permendiknas No 28 Tahun 2010 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah/Madrasah.

“Mutasi itu hal yang biasa. Tapi kalau dilakukan saat ini kondisinya kurang tepat. Mutasi
ini syarat dengan politik bahkan terkesan keberpihakan salah satu kandidat,” ungkap Damri MPd,  Kepala SMPN 18 yang dimutasi menjadi guru biasa di SMPN 5.

Menurutnya, mutasi Kepsek tidak bisa dilakukan seenaknya. Ada aturan main yang harus dipatuhi pemimpin daerah ketika hendak memutasinya. Dalam Permendiknas tersebut dinyakan kepala sekolah/madrasah diberi 1 kali masa tugas selama 4 tahun. Sedangkan masa jabatan yang dimutasi belum memenuhi Permendiknas tersebut.

“Kalau mutasi struktural sepenuhnya di tangan pemerintah, kalau kepala sekolah ada peraturan yang mengaturnya,” ungkapnya.
Payung hukum inilah yg saat ini telah dilanggar. Untuk itu, Damri dan bersama rekan-rekannya akan melaporkan ketidakadilan ini ke pengadilan. “Rencananya, Senin saya akan ke PTUN melaporkan mutasi ini,” pungkasnya. (128/400)

Daftar Beberapa Nama Pejabat Yang Dimutasi

No     Nama         Jabatan Lama         Jabatan Baru
1    Erdiwan SH     Kabag Kerjasama Pemkot    Staf Ahli Walikota Bidang Ekonomi     dan Keuangan
2    H Shafwan Ibrahim SH     KadisPerindag    Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan SDM
3    M Teguh A Roni MM     Kasat Pol PP     Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik
4    Drs Hilman Fuadi    Kadis Pertamanan dan Kebersihan     Asisten III
5    Ir Yulinus     Kabid Perencanaan Bappeda     Kadis Perindag
6    H Joniawan Maha Jaya SH     Sekcam Ratu Agung     Kadis Dukcapil
7     drg H Edriwan Mansyur MM     Kabid Pelayanan Dinkes     Kepala Dinas Kesehatan
8       Barlian Baksin ST    Kadis PU                 Kadis Pertamanan dan Kebersihan
9    Drs Murni Hasan     Kabid Pengawasan dan pengendalian BLH     Inspektur kota
10    Ir Darmawansyah MT    Staf BKD             Kadis Tata Kota
11    Dr Ir Herawansyah         Staf BKD             Kadis PU
12    Ali Armada SH         Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik        Kasat Pol PP
13    Ir Sahlan Sirad ME        Kadi Tata Kota         kembali ke wilayah sungai Sumatera VII
14    dr Supardi MM         Staf Ahli Walikota Bidang Kemasyarakatan dan SDM        Fungsional Dinkes kota
15    Drs Mulkan Efendi        Inspektur kota Bengkulu    Fungsional Inspektorat kota
16    Muryadi SH         Asisten II         Memasuki masa pensiun (MPP)
17    Jauhar SH         Kadis Dukcapil         MPP
18    drg H Mixon Syahbudin     Kapala Dinas Kesehatan     MPP
19     Drs Mat Syafei         Staf ahli walikota bidang ekonomi dan keuangan     MPP
20     Fajrul SSos     Sekretaris Dishubkominfo     Kabag Kerjasama Pemkot
21    Drs Yurizal     Camat Gading Cempaka     Kabag Perlengkapan Pemkot
22     Zulherman SSos     Kakan Perhubungan kota Bengkulu     Kabag Umum dan Protokoler
23    Drs Almizan     Kabid Pengembangan nilai kebangsaan di Kesbangpolinmas     Kabag Kesra
24    Romadhan Indosman SH     Sekretaris BLH     Kabag Hukum Pemkot
25     Arjan Syukur Yunus     Sekretaris DPPKA     Sekretaris Perindag
26     Edwar Heppy SSos         Kabag Perlengkapan     Kakan Perhubungan
27    Suardi SH MH         Kabag Umum dan Protokoler         Kakan Perpustakaan
28    Dra Yusmaniansih         Camat Selebar         Sekretaris Dishubkominfo
29    Karnadi SSos     Lurah Pagar Dewa         Camat Selebar
30     Rafrizal Syandri SE         Lurah Padang Serai         Camat Gading Cempaka
31    Drs B Arasman         Lurah Tanjung Jaya     Kabid Pendidikan Menengah Dispendik
32    Drs M Nasir     Camat Ratu Samban         Kabid Penanaman Modal dan statistik Bappeda
33    Hj Dewi Murni     Kakan Perpustakaan kota         Fungsional Dispendik
34    Drs Bustami     Kabag Hukum Setwan         Fungsional Dispendik

Kepala SMP

35     Idiarman MPd         Kepala SMPN 21     Kepala SMPN 01
36    Drs Dulani Amran         Guru SMPN 16     Kepala SMPN 21
37     Muktarimin SPd         Kepala SMPN 19     Kepala SMPN 18
38     Iman Santoso SPd         Guru SMPN 19     Kepala SMPN 16
39     Drs Zuhar Suganda         Kepala SMPN 16     Kepala SMPN 19
40     Haidir SPd         Guru SMPN 10     Kepala SMPN 10
41     Lianova SPd         Guru SMPN 18    Kepala SMPN 09
42     Dirhan MPd         Kepala SMPN 09     Kepala SMPN 11
43    Waskanudin SPd         Guru SMPN 09    Kepala SMPN 12
44    Rumi Atena SPd         Kepala SMPN 01     Guru SMPN 02
45    Damri SPd         Kepala SMPN 18     Guru SMPN 5
46     Tri Mulyono SPd         Kepala SMPN 10     Guru SMPN 01
47    Jhon Hendri SPd  MM     Kepala SMPN 12     Guru SMPN 08
48    Salmi SPd         Kepala SMPN 11     Guru SMPN 14
49     Hafnayet    SPd         Kepala SMPN 15    Guru SMPN 04

Kepala SD
50     Sahindia MPd         Guru SDN 74     Keapala SDN 82
51    Sukman SH         Guru SDN 19     Kepala SDN 20
52    Rusdi Efendi SPd         Guru SDN 84      Kepala SDN 56
53    Chairani SPd         Guru SDN 61     Kepala SDN 87
54    Mansyur Efendi SPd     Guru SDN 85     Kepala SDN 86
55     Yarman SPd         Kepala SDN 82    Guru SDN 02
56    Rosnely SPd         Kepala SDN 20     Guru SDN 52
57    Isnaini             kepala SDN 87     Guru SDN 19
58     Sayuti SPd         Kepala SDN 86     Guru SDN 85

Kepala SMK
59     Awaludin SPd         Kepala SMKN 04     Kepala SMKN 02
60     Wawan Darmawan MPd     Guru SMKN 04     Kepala SMKN 04
61     Dra Yendrianis MPd    Guru SMKN 03     Kepala SMKN 01
62    Sulasman SPd         Kepala SMKN 02     Guru SMKN 02
63    Safirin Eefndi Spd         Kepala SMKN 01    Guru SMKN 02

Kepala SMA
64     Yunan Danim MPd         Kepala SMAN 09     Kepala SMAN 02
65    Dra Zureva Silawani MPd     Guru SMAN 04     Kepala SMAN 08
66    Drs Khairul M Noer         Guru SMAN 06    Kepala SMAN 09
67    Sarjono SPd         Kepala SMAN 10     Kepala SMAN 03
68     Dra Deni Asiah         Guru SMAN 03     Kepala SMAN 04
69    Bihanudin MPd         Kepala SMAN 03     Kepala SMAN 10
70     Nimah SPd         Guru SMAN 08     Kepala SMAN 07
71     Dra Darmawati MPd     Kepala SMAN 02     Pengawas SMA
72    Drs Eko Purwoko MPd     Kepala SMAN 07     Pengawas SMA
73    Drs Rivai MPd         Kepala SMAN 04     Pengawas SMA
74    Dra Minsurahmada         Kepala SMAN 08     Guru SMAN 05