40 Jemaah Peserta Suluk Siap Masuk Kelambu

suluk 2018
IST/Bengkulu Ekspress
PESERTA: Inilah peserta suluk yang siap masuk kelambu untuk melaksanakan zikir di sulau milik tarekat Naqsabandiyah di Desa Tanjung Besar, Manna.

 

Peserta Suluk Siap Masuk Kelambu

MANNA BENGKULU SELATAN, Bengkulu Ekspress – Setiap tahun Tarekat Naqsabandiyah yang beralamat di Dusun Tanjung Besar, Desa Bengkenang, Manna Kabupaten Bengkulu Selatan Provinsi Bengkulu selalu menggelar kegiatan suluk. Jika tahun 2017 lalu, peserta suluk hanyya 19 orang. Tahun ini jumlahnya meningkat yakni hingga 40 orang.

“ Peserta suluk kami tahun ini ada 40 orang, “kata pimpinan jamaah tarekat naqsabandiyah Bengkulu Selatan (BS), Buya Syekh M Zaman Raip.

Buya M Zaman mengatakan ke-40 peserta suluk tersebut 14 perempuan dan 26 laki-laki. Jamaah suluk berasal dari berbagai daerah yakni dari Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan ada 13 orang, dari Kaur 6 orang, dari Seluma ada 7 orang, dari Bogor, Jawa Barat 1 orang, dari Provinsi Bangka Belintung ada 9 orang. Kemudian dari wilayah BS sendiri ada 4 peserta. Adapun pelaksanaan suluk, sambung Buya sama dengan tahun lalu yakni peserta menggelar zikir dalam kelambu. Suluk digelar mulai Jum’at (18/5) hingga berakhir dan pulang ke rumah masing-masing pada 29 Mei mendatang.

Saat ini peserta sudah mulai zikir, berakhirnya nanti hingga 29 Mei,” ujarnyya.

Ditambahkan Buya, pihaknya selalu memperhatikan kondisi kesehatan peserta suluk. Dirinya tidak mau terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada peserta. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan para peserta, pihaknya selalu berkoordinasi dengan petugas kesehatan.

“ Kami selalu berkoordinasi dengan Puskesmas Kayu Kunyit, muda-mudahan selama melaksanakan suluk, semua peserta selalu sehat hingga pulang lagi ke rumah masing-masing,” demikian Buya M Zaman. (369)