Sultan Dijagokan Jadi Wagub

BENGKULU,BE – Keluarga besar Najamudin atau keluarga Agusrin M Najamudin mantan gubernur Bengkulu, sepertinya akan menjadikan anggota DPD RI Sultan B Najamudin ST untuk menjadi wakil gubernur (Wagub). Seperti saat pertemuan malam tahun baru lalu, keluarga Najamudin menyatakan bertekad untuk menjadikan Sultan B Najamudin sebagai wagub untuk mendampingi Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah. Saat malam tahun baru, Junaidi Hamsyah dan beberapa pejabat juga berada di Puncak, kediaman Agusrin untuk meramaikan perayaan tahun baru, sebelum akhirnya pindah ke Sport Center, untuk menikmati detik-detik pergatian tahun di Pantai Panjang. Hingga saat ini, Sultan B Najamudin belum bisa dikonfirmasi terkait calon Wagub.

Namun, langkah Sultan untuk maju sebagai mencalonkan diri sebagai calon Wagub semakin pasti. Sebab, ia juga telah mendekati parpol yang memiliki tiket untuk mengusulkan calon Wagub. Salah satunya medekati PAN (Partai Amanat Nasional). Hal tersebut dibenarkan oleh Ketua DPW PAN Provinsi H. Helmi Hasan SE, jika Sultan B Najamudin sudah berkomunikasi dengan PAN terkait pencalonan Wagub. Hanya komunikasi tersebut belum resmi. Karena, DPW PAN belum membuka perdaftaran. “Benar, Sultan juga sudah berkomunikasi, saya pikir juga cukup pantas untuk jadi Wagub,” kata Helmi.
Helmi sendiri mengatakan, tidak hanya Sultan yang sudah berkomunikasi dengan dia, melainkan banyak tokoh-tokoh lainnya. Seperti Mantan Birokrat, birokrat yang masih aktif, politisi, tokoh masyarakat, tokoh akademisi, dan banyak tokoh-tokoh lainnya. “Banyak sekali orang-orang yang layak untuk dijadikan calon Wagub, seperti Sultan, Rektor UMB DR Khairil, Pendiri PAN Ahmad Dasan, kader PAN Heri Susanto, Parial SH, dan tokoh-tokoh lainnya internal dan eksternal,” katanya.
Tetapi, pihaknya nanti akan membuka pendaftaran secara resmi dalam waktu dekat ini. Nama-nama yang muncul akan mengikuti penjaringan di tingkat DPW PAN, namun akhirnya yang memutuskan adalah Ketua Umum DPP PAN Hatta Rajasa. “Untuk memutuskan nanti akan meminta arahan dari pak Hatta Rajasa,” ujarnya.
Ia mengatakan dalam waktu dekat, DPW PAN akan membentu tim pendaftaran calon wagub. Hal tersebut dilakukan agar lebih konsentrasi melakukan seleksi, sehingga saat pendaftaran dibuka sudah ada nama-nama pantas untuk dicalonkan. “Secepatnya kita akan bentuk tim,” katanya.
Namun, Helmi mengatakan calon wagub yang akan diusulkan PAN, haruslah orang-orang yang bisa bekerjsama dengan Gubernur H Junaidi Hamsyah. “Saat ini kita belum berkoordinasi dengan gubernur. Nanti, saya akan bertemu dengan gubernur untuk meminta pandangan,” kata Helmi. (100)