Sukseskan Tour De Bencoolen

Sekdaprov, Nopian Andustri

Bengkulu, Bengkuluekspress.com – Tour de Bencoolen yang rencananya dilaksanakan pada Juli 2019 mendatang, menjadi event sangat strategis dalam mempromosikan Bengkulu ke tingkat internasional.

Hal itu diungkapkan Asisten lll Pemerintah Provinsi Bengkulu, Gotri Suyanto, saat rapat persiapan tour de Bencoolen di Ruang Rafflesia Kantor Gubernur Bengkulu, Senin (6/5).

“Pemprov Bengkulu akan melakukan persiapan secara maksimal, melibatkan 6 kabupaten/kota yang akan dilintasi event ini. Titik start mulai dari Kabupaten Kaur, menuju Bengkulu Selatan – Seluma – Kota Bengkulu – Bengkulu Tengah dam finish di Kabupaten Kepahiang,” ujar Gotri kepada Bengkuluekspress.com, Senin (6/5/19).

Persiapan tour de Bencoolen harus benar-benar secara matang. Lantaran Tour de Bencoolen bukan hanya akan diikuti oleh para atlet sepeda nasional, namun bahkan juga akan diikuti oleh atlet asal mancanegara, seperti dari Turki, Rusia, Vietnam, Brunai Darussalam, Singapura dan Malaysia.

Terkait kesiapan lokasi acara dan sarana dan prasarana event lainnya, seperti penginapan peserta. Pemprov Bengkulu juga akan mengundang dan membicarakan ini bersama bupati/walikota sehingga event bertaraf internasional ini berjalan sukses.

“Kita harus all out dalam rangka menyelenggarakan kegiatan ini,” terang Gotri Suyanto.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu, Atisar Sulaiman, mengungkapkan, kebutuhan anggaran pelaksanaan event Tour de Bencoolen sekitar Rp 4 miliar. Dengan melibatkan 6 kabupaten/kota yang akan dilintasi terkait support anggaran. Hingga saat ini sudah ada 7 tim peserta dari luar negeri dan 6 tim dalam negeri yang telah konfirmasi hadir mengikuti kegitan ini.

“Dengan besaran anggaran yang kita butuhkan ini, kita juga meminta kepada Kabupaten yang dilintasi, mulai dari Kabupaten Kaur sebagai titik start, Bengkulu Selatan dan Kota Bengkulu. Itu turut membantu untuk suksesnya event tersebut,” tegasnya.

Terkait dengan kualitas lintasan yang mana pada etape tertentu kecepatan sepeda bisa mencapai 80 km/jam, dijelaskan Atisar Sulaiman hal tersebut akan ditangani oleh Balai Wilayah VII Kementerian PUPR, yaitu untuk memperbaiki kerusakan jalan dengan 407 titik jalan berlubang dari Bengkulu Selatan menuju Kota Bengkulu.

“Pada pinsipnya pihak Balai itu telah siap mengerjakan peningkatan kualitas jalan mulai dari Manna ke Kota Bengkulu. Jadi namanya sudah lelang, Pak Gubernur minta pembangunannya dilaksanakan sekarang,” tutupnya. (HBN)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*