Sukseskan Pilkada, PPK dan PPS Dibimtek

IRUL/BE
BIMTEK: PPK dan PPS saat mengikuti Bimtek di aula kantor Camat Tanjung Kemuning, Senin (29/6).

BINTUHAN, Bengkuluekspress.com – KPU Kaur memberikan bimbingan teknis (Bimtek) terhadap penyelenggara adhoc, yakni sebanyak 75 PPK yang tersebar di 15 kecamatan dan 585 PPS yang tersebar di 195 desa dan kelurahan, Senin (29/6).

Bimtek ini guna mematangkan pelaksanaan tapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak gubernur dan wakil gubernur dan bupati dan wakil bupati tahun 2020.

“Bimtek ini terhadap PPK dan PPS kita gelar mulai hari ini Senin (29/6) hingga besok,” kata Ketua KPU Kaur, Meixxy Rismanto melalui Koordinator Divisi Teknis, Irpanadi SKom, kemarin (29/6).

Dikatakan Irpan, pelaksanaan Bimtek dilakukan KPU ke setiap kecamatan dan ini untuk menghindari Covid-19. Dimana masing-masing komisioner memberikan Bimtek di tiga kecamatan.

Tentu dalam proses pelaksanaan tetap mematuhi prokol kesehatan Covid-19. Yakni menjaga jarak minimal 1 meter dan menggunakan masker dan dilakukan pemeriksaan suhu badan.

“Bimtek ini dipusatkan di setiap aula kantor camat, dan peserta Bimtek diperiksa suhu badan dan kita bekersama dengan Gugus Tugas Covid-19 dan Dinas Kesehatan Kaur,” terangnya.

Ditambahkannya, tujuan digelar Bimtek tidak lain agar PPK dan PPS memahami tugas, kewajiban dan kewenangan mereka dalam melaksanakan tugas sebagai penyelenggara.

Juga diharapkan penyelengara adhoc dapat menjaga integritas dan independensinya dalam proses pelaksanaan tahapan Pilkada.

Sebab sejak dilantik dan pasca diaktifkan kembali PPK dan PPS belum diberikan pembekalan. Padahal sejak 15 Juni lalu tahapan sudah kembali dilanjutkan.

Juga dalam waktu dekat tahapan pemutahiran data pemilih akan segera dilakukan. Tentu meminta agar panitia adhoc dapat ikut mensosialisasikan tahapan Pemilu.

Karena panitia adhoc merupakan penyelenggara ditingkat kecamatan dan desa.

“Kita berharap dalam proses Pilkada ini bisa berjalan dengan lancar dan aman. Juga berharap tingkat partisipasi pemilih juga dapat lebih tinggi dri pemilu 2018 lalu, dan juga dalam tahapan prmutahiran data kita ingin data pemilih yang akurat dan berkualitas,” harapnya. (618)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*