Suka Mulya Nikmati PLTS

GIRI MULYA, BE РAntusias warga Desa Suka Mulya Kecamatan Giri Mulya melalui pemberdayaan  dan swadaya masyarakat akhirnya bisa menikmati pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di desa tersebut.

15 unit PLTS yang ada sudah beroperasi penuh di 24 rumah dari 350 KK sementara 3unitnya dipergunakan untuk fasilitas umum, diantaranya musala, masjid, dan rumah ketua RT. “Kami bersyukur sekali dengan adanya PLTS warga sudah bisa nikmati listrik,” singkat Misno selaku kasi pemberdayaan pembangunan masyarakat desa (PPMD).

Saat ini masyarakat desa juga sudah ada program Mikrohydro yang memanfaatkan air dengan cara membendung air yang diberikan kincir sehingga bendungan tersebut sudah ada kolam ikan air tawar dengan biaya yang cukup tinggi, yang mencapai Rp 7 juta. Untuk petugas operasional PLTS itu sendiri sudah dibentuk empat orang yang khusus diajarkan melalui pembelajaran dari pusat. “Sudah 4 bulan berjalan ini, PLTS lancar dan tim khususlah yang menangani jika ada perbaikan PLTS atau hal lainnya karena mereka memang khusus operasional PLTS,” tukasnya. (117)