Suhajar Caretaker Gubernur Bengkulu

suhajarBENGKULU, BE – Tidak mau berlama-lama membiarkan kekosongan gubernur Bengkulu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dijadwalkan pukul 15.00 sore ini  akan melantik Caretaker Gubernur Bengkulu.  Adalah Dr H Suhajar Diantoro yang menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Pemerintahan Kementerian Dalam Negeri yang akan diambil sumpahnya oleh Mendagri tersebut.

“Kepres tentang pengangkatannya sudah keluar dan langsung dijadwalkan pelantikan sore besok di Kemendagri,” kata Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Bengkulu, Drs Hamka Sabri saat dihubungo BE via telepon selularnya,  tadi malam.

Menurut Hamka, meski pelantikannya sangat mendadak tidak membuat protokoler Pemerintah Provinsi Bengkulu kelabakan. Sebab, semua persiapannya dilakukan oleh protokoler Kemendagri sedangkan Pemerintah Provinsi Bengkulu hanya diundang untuk menghadirinya saja.

Perwakilan dari Pemprov yang adalah Plh Gubernur yang juga Plt Sekda, Drs H Sumardi, mantan Gubernur Junaidi Hamsyah serta istri, mantan Wakil Gubernur Sultan B Najamudin,  para asisten, Karo Pemerintahan,  Ketua DPRD Provinsi Bengkulu dan unsur Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (FKPD) Provinsi Bengkulu.

“Besok hanya pelantikan, sedangkan serah terima jabatan dengan mantan Gubernur Junaidi akan dijadwalkan setelah caretaker tiba di Bengkulu. Belum langsung serah terima jabatan, karena serah terima itu akan dilakukan di Gedung Daerah, jadwalnya nanti ditentukan setelah pelantikan,” terang Hamka.

Sekadar diketahui Suhajar Diantoro adalah putra daerah Kepri yang berasal dari Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau. Di Pemda Kepri, Suhajar sempat menjabat Kepala Bapeda hingga menjadi Sekprov. Kemudian Suhajar dipromosi menjadi Rektor Institut Pemerintahan Dalam Negeri. Saat ini posisinya sebagai Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Bidang Pemerintahan. (400)

Profil Caretaker Gubernur

Dr. Drs. H. Suhajar Diantoro, M.Si
Tempat/Tgl Lahir : Sei Ungar Kepuluan Riau, 2 Mei 1964

Riwayat Pendidikan
S1  Ilmu Sosial Politik Institut Ilmu Pemerintahan Jakarta 1990
S2  Universitas Airlangga Surabaya 2003
S3  Ilmu Sosial BKU Ilmu Pemerintahan PPs Universitas Padjadjaran Bandung 2011

Riwayat Pekerjaan
STAF AHLI MENDAGRI BIDANG PEMERINTAHAN    :
REKTOR INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI
SEKRETARIS DAERAH PROVINSI KEPULAUAN RIAU
KEPALA BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH PROVINSI KEP. RIAU
KEPALA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PROVINSI KEPULAUAN RIAU
KEPALA BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH KABUPATEN KARIMUN
KEPALA DINAS PENDAPATAN DAERAH KAB. KARIMUN
CAMAT KARIMUN KAB. KEPULAUAN RIAU
CAMAT KUNDUR KAB. KEPULAUAN RIAU
CAMAT SERASAN KAB. KEPULAUAN RIAU
SEKRETARIAT WILAYAH KECAMATAN KARIMUN
STAF BAGIAN PEMERINTAHAN KANTOR BUPATI KEPULAUAN RIAU
STAF BAGIAN KEPEGAWAIAN KANTOR BUPATI KEPULAUAN RIAU
STAF BAGIAN KEPEGAWAIAN KANTOR GUBERNUR RIAU
STAF PROTOKOL GUBERNUR RIAU

Penghargaan
SISWA TELADAN TK NASIONAL MEWAKILI PROVINSI RIAU
SATYA LENCANA KARYA SATYA 20 TAHUN
SATYA LENCANA DHARMA BAKTI PRAMUKA