Sudah Pindah Ikut Nyoblos, Cakades Protes

Bengkulu
Bakti/Bengkulu Ekspress. Pembukaan kotak suara saat pilkades di Desa Sidodadi, Kecamatan Pondok Kelapa, Kabupaten Benteng, Minggu (21/5).

Kades Terpilih Dilantik 4 Juli

PONDOK KELAPA, Bengkulu Ekspress – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Bengkulu Tengah yang diikuti 19 desa, Minggu (21/5) kemarin secara keseluruhan berlangsung lancar dan tertib.

Hanya saja Pilkades di Desa Sidodadi, Kecamatan Pondok Kelapa berlangsung alot.

BentengProsesi pencoblosan terpaksa dihentikan sejenak lantaran salah seorang Calon Kepala Desa (Cakades), Priyati memprotes saat warga yang tercatat sebagai daftar pemilih tetap (DPT), Sumiarso bersama istri dan 1  orang anaknya hendak mencoblos.

Pria yang pernah menjabat selaku Kades Sidodadi itu mengungkapkan bahwa Sumiarso bukan lagi warga Sidodadi sejak dirinya menjabat Kades.

“Saat saya menjabat sebagai Kades, Sumiarso sudah pindah tempat tinggal dan tercatat sebagai penduduk Ketahun, Kabupaten Bengkulu Utara (BU),” tegas Priyati.

Sempat beradu argumen beberapa menit, Sumiarso pun akhirnya mengalah dan mengurungkan niatnya untuk menggunakan hak suaranya pada pilkades tersebut.

“Jika memang masih warga Sidodadi, saya tentunya tidak akan protes. Jika bukan lagi warga Sidodadi, dia (Sumiarso) dan keluargnya tidak berhak menggunakan hak pilihnya,” tukasnya.

Sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Benteng menetapkan bahwa penyelesaian hasil pilkades di tingkat desa diberikan batas waktu hingga 5 Juni 2017 mendatang.

“Sesuai dengan jadwal, penyelesaian hasil pilkades dilakukan dalam kurun waktu 21 Mei hingga 5 Juni 2017 (15 hari,red),” ungkap Kabag Pemerintahan Setda Pemda Benteng, Marsibudin SSos melalui Kasubag Pemerintahan Umum, Sukirman SSos kepada Bengkulu Ekspress, kemarin.

Setelah itu, lanjut Sukirman, Panitia Pilkades tingkat desa diberikan waktu untuk menyampaikan hasil pilkades pada tanggal 23 Mei hingga 6 Juni 2017. Setelah tuntas, barulah Pemda Benteng mengurus pembuatan surat keputusan (SK) bupati terkait hasil pilkades untuk dilakukan pelantikan terhadap Kades terpilih.

“Direncanakan Kades terpilih akan dilantik pada tanggal 4 Juli 2017 mendatang,” pungkas Sukirman.(135)