Sudah 75 Persen Sampah Dibersihkan

ASRI/Bengkulu Ekspress BERSIH: Sebagian kawasan pantai pasar bawah sudah mulai bersih dari sampah.

PASAR MANNA, Bengkulu Ekspress– Paska sungai Air Manna meluap akhir April lalu, hingga menyebabkan sampah menumpuk di kawasan obyek wisata pantai pasar bawah. Kemudian petugas dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Bengkulu Selatan (BS) setiap hari membersihkan.

“ Sampai hari ini (kemarin red), sudah 75 persen sampah berhasil kami bersihkan,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan kehutanan BS, Erwin Muchsin S Sos.

Erwin mengatakan, dalam membersihkan sampah di PSB, pihaknya menerjunkan pasukan kuning, kemudian tenaga pemotong rumput serta menurunkan alat berat. Sehingga saat ini, setiap hari anggotanya selalu membersihkan sampah.“ Target kami, saat idul fitri nanti, tidak ada lagi tumpukan sampah di PSB,” imbuhnya.

Selain itu juga, Erwin juga mengharapkan dukungan semua pihak untuk tidak membuang sampah ke pantai, atau tidak membuang sampah ke sungai Air Manna. Sebab sampah yang dibuang ke sungai akan mengalir ke pantai. Sehingga sampah-sampah tersebut akan menumpuk di sepanjang pantai.

Dengan begitu, kalaupun pihaknya rutin membersihkan sampah setiap hari, namun kawasan pantai tidak akan bersih kalau masyarakat masih suka membuang sampah ke pantai atau ke saluran sungai.“ Saya harapkan dukungan semua pihak, untuk menjaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah ke pantai dan saluran sungai,” harap Erwin. (369)