Sudah 28 Desa Siap Pilkades

IST/Bengkulu Ekspress KOORDINASI: Panitia pilkades dari beberapa desa di BS saat berkoordinasi ke Dinas PMD baru-baru ini terkait persiapan pilkades serentak.

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bengkulu Selatan (BS), Siswanto SSos MSi mengatakan, dari hasil sosialisai pihaknya ke desa-desa di Bengkulu Selatan  terkait rencana pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 17 Oktober mendatang. Saat ini sudah sebagian desa siap menggelar pilkades tersebut.“ Hingga saat ini tercatat sudah 28 desa siap menggelar pilkades,” katanya.

Siswanto mengatakan, ke-28 desa yang siap menggelar pilkades tersebut tersebar di 11 Kecamatan dalam wilayah Bengkulu Selatan. Bukti mereka siap menggelar pilkades serentak, saat ini ke-28 desa tersebut sudah membentuk panitia dan mengajukan berkas untuk pelaksanaan pilkades di desa mereka.“ Saat ini masih ada 46 desa lagi yang belum membentuk panitia dan ajukan berkas pilkades serentak,” ujarnya.



Siswanto menjelaskan, meskipun pada APBD 2019 hanya dianggarkan dana sebesar Rp 315 juta untuk pelaksanaan pilkades serentak. Namun pihaknya sudah berkoordinasi dengan Bupati Bengkulu Selatan  dan Bupati Bengkulu Selatan , Gusnan Mulyadi SE MM mendukung agar kekurangan anggaran tersebut dimasukan pada APBDP 2019 nanti. “Untuk pilkades kita membutuhkan anggaran sekitar Rp 800 juta, dana yang ada baru Rp 315 juta, insya allah kekurangan nanti dianggarkan pada APBDP 2019,” ujarnya.

Meningat 17 Oktober 2019 tidak lama lagi, Siswanto mengimbau kepada 46 desa yang belum membentuk panitia dan belum menyampaikan berkas, agar secepatnya menyampaikannya ke pihaknya. Sebab waktu pilkades tersebut tinggal 3 bulan lagi. Sedangkan tahapan pilkades harus segera dimulai. “ Untuk desa lain kami tunggu penyampaian berkas persiapan pilkades,” sehingga nanti saat pilkades serentak dimulai, semua desa sudah siap,” demikian Siswanto. (369)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*