Stok Vaksin Covid-19 di Kaur Menipis

Azwar

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Ketersediaan vaksin Covid-19 di Kabupaten Kaur mulai menipis. Satgas Penanganan Covid-19 Kaur mencatat, dari ketersediaan 1.770 dosis, kini tersisa 230 dosis. Meskipun stok vaksin mulai menipis, namun dalam waktu dekat ini Kaur akan kembali mendapat alokasi vaksin jenis Sinovac dari Kementerian Kesehatan RI.

“Ya untuk stok vaksin kini menipis dan tersisa hanya 230 dosis lagi dan memang beberapa Puskesmas sudah kosong. Ini sudah kita usulkan ke Dinkes Provinsi terkait dengan jumlah vaksin kita ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaur, Azwar SSos, Minggu (1/8).

Dikatakannya, menipisnya stok vaksin Covid-19 jenis Sinovac ini lantaran tingginya antusiasme warga ikut vaksinasi dan masyarakat sudah mulai paham tentang pentingnya vaksin Covid-19. Dimana dalam upaya vaksinasi ini pemerintah daerah terus berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan warga. Apalagi, kini penerima vaksin ini Kaur ini baru 18.390 dosis. Meskipun saat ini vaksin menipis, namun dipastikan beberapa hari ini vaksin dosis kedua bakal segera tiba.

“Hasil rapat kita bersama Dirjen kesehatan kemarin, insyaAllah awal minggu pertama Agustus ini ada pendistribusian vaksin jenis Sinovac, untuk jumlahnya kita belum tahu berapa dosis. Kita juga mulai memprogramkan vaksinasi untuk anak-anak. Karena sesuai dengan program pemerintah pusat anak anak umur 16-17 tahun boleh divaksin,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Harian Satgas Covid-19 Kaur Ujang Syafiri SPd menyebutkan, jumlah pasien Covid-19 di Kaur saat ini mengalami penurunan sebanyak 8 kasus dari 64 orang menjalani isolasi menjadi 56 orang yang masih diisolasi. Sedangkan untuk kasus sembuh meningkat sebanyak 11 orang dari 294 orang menjadi 305 orang. Untuk menekan sebaran Covid-19 ini, Tim Satgas Covid-19 terus melakukan pengawasan ketat dan melakukan razia yustisi terhadap warga yang tak mematuhi Prokes ditengah penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3 ini.

“Untuk Kaur sudah PPKM level 3 dan dengan kondisi seperti ini kita masyarakat agar selalu mematuhi Prokes dengan selalu menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker dan kurangi aktivitas di luar rumah. Kita berharap dengan PPKM ini wabah Covid-19 segera berakhir,” harapnya. (618)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*