Stok Pangan Bengkulu Aman

Foto IST /BE- Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Bengkulu, Drs. Hamka Sabri, M.Si

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Menghadapi wabah corona virus atau Covid-19 di Provinsi Bengkulu yang sudah masuk zona merah, stok kebutuhan bahan pokok (Bapok) dipastikan aman jadi masyarakat tidak mesti khawatir. Hal tersebut ditegaskan Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Bengkulu, Drs. Hamka Sabri, M.Si, Rabu (1/4).

“Sudah mengecek langsung stok bahan pokok, salah satunya yang ada di Badan Urusan Logistik (Bulog). Pengecekan yang kita lakukan, dalam rangka untuk menyesuaikan seketika ada kebijakan dari pemerintah pusat terkait penanganan Covid-19,” ungkap Hamka.

Selain Bulog, lanjut Hamka, pengecekan juga dilakukan terhadap sejumlah gudang pendistributor bahan pokok dalam wilayah Provinsi Bengkulu. Dari pengecekan itu, untuk stok bahan pokok terutama beras dipastikan masih aman.

”Jadi disaat ada kebijakan pemerintah pusat seperti lockdown, darurat sipil, ataupun darurat kesehatan kita siap menghadapinya,” kata Hamka.

Sementara, untuk Alat Pelindung Diri (APD), Hamka menyampaikan, sejauh ini sudah ada bantuan dari beberapa pihak seperti TNI dan Pemerintah Pusat. Beberapa diantaranya sudah pula didistribusikan ke Kabupaten/Kota dalam wilayah Provinsi Bengkulu. Hanya saja untuk sementara ini pendistribusian APD masih diutamakan pada tenaga kesehatan yang menangani wabah covid-19.

“Selain itu juga kita telah menyiapkan anggaran sekitar Rp 15 miliar, yang salah satunya untuk APD dan beberapa kebutuhan lain dalam penanganan covid-19. Nantinya ada APD yang didistribusikan pada masyarakat,”tutup Hamka. (HBN)