Stok Obat Cukup untuk Setahun

3MUKOMUKO,BE – Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko memastikan ketersediaan obat yang ada mencukupi kebutuhan hingga tahun 2014 mendatang. “ Ada sebanyak 250 jenis obat mulai dari obat anti biotik, anti alergi, BHP dan masih banyak lagi jenis obat lainnya,”demikian Plt Kadinkes Pemkab Mukomuko, Sabrin.

Jenis obat-obatan itu akan didistribusikan keseluruh puskesmas. Bagi puskesmas yang membutuhkan obat akan langsung didistribusikan.

“Distribusi obatan ini tidak dilakukan sekaligus melainkan berdasarkan kebutuhan dan penyetokan ada di gudang Dinkes Kabupaten,”katanya. Meskipun kebutuhan obat dinilai aman, namun Dinkes Kabupaten Mukomuko tidak menyetok virus flu babi ataupun virus flu burung. Selain pihaknya menunggu distribusi dari pusat juga di Kabupaten Mukomuko dinilai masih aman dari kedua virus tersebut. “ Sejauh ini belum ada laparan mengenai virus flu burung dan flu babi. Artinya Kabupaten Mukomuko masih aman dari virus tersebut,”bebernya.

Pada tahun 2008 lalu  tepatnya ketika adanya kejadian virus flu burung  khususnya yang terjadi diluar Kabupaten Mukomuko. Pihaknya mendapatkan distribusi dari pusat,  hanya saja obat itu sejak beberapa bulan lalu sudah kadaluarsa dan oleh pihaknya sudah diamankan.
Kendati Mukomuko aman dari kedua virus tersebut pihaknya juga  mengharapkan Kementerian Kesehatan pusat kembali mendroping kedua jenis obat itu. Hal tersebut  diperuntukan jika wabah virus tersebut masuk ke Mukomuko pihaknya bisa langsung turun kelapangan dan memberikan obat itu supaya virusnya tidak menyebar.(900)