Stok Daging di Seluma Aman

TAIS, bengkuluekspress.com – Dinas Pertanian Kabupaten Seluma memastikan bahwasanya untuk kebutuhan daging menjelang lebaran Idul Fitri dipastikan mencukupi, termasuk sesudah Idul Fitri.

“Kebutuhan daging mencukupi dan dari pendataan kita lakukan pada seluruh kelompok maupun perorangan dan dipastikan cukup dan sehat terbebas dari Jembrana,” ujar Plt Kepala Dinas Pertanian, Arian Sosial SP MSi kepada wartawan.

Ditambahkan, bahwa masing-masing hewan ternak yang siap potong, diantaranya sapi 728 ekor, kerbau 11 ekor, kambing 1.270 ekor dan unggas lebih dari 1 juta ekor. Dengan jumlah yang cukup besar tersebut, menurut Arian Sosial, bahwa pihaknya tidak perlu mendatangkan daging dari luar Kabupaten Seluma. Karena berdasarkan jumlah hewan ternak yang sudah siap potong tersebut, sudah mencukupi untuk Kabupaten Seluma.

“Dengan stok tersebut, kita pastikan bahwa untuk kebutuhan daging tidak akan mengalami kekurangan,” imbuhnya.
Diterangkan lagi, bahwa hewan ternak yang telah disurvei tersebut, sudah dipastikan bebas dari penyakit. Sehingga masyarakat Seluma tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi daging tersebut.

“Itu sudah kita minta diperiksa, dan hasilnya hewan ternak yang dinyatakan siap potong tersebut, aman dari segala penyakit,” tegasnya.

Menyikapi kekhawatiran masyarakat Seluma, dengan maraknya Sapi yang terkena Jembrana. Menurut Arian Sosial saat ini kasus Jembrana di Seluma sudah menurun, dan menurut analisis kesehatan tidak ada penyakit penularan dari Sapi positif Jembrana kepada manusia.

“Yang pertama kita pastikan bahwa kasus Jembrana sudah menurun, dan jika memang ada yang terlanjur mengkonsumsi daging yang Jembrana. Kita bisa memastikan tidak akan ada penyakit yang akan menular, namun hindari mengkonsumsi bagian dalam sapi,” sampainya. (333)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*