Stok Buku Nikah Aman

IRUL/Bengkulu EkspressPERLIHATKAN: Kasi Binmas Kemenag Kaur saat memperlihatkan stok buku nikah, Rabu (13/3).

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress -MENJELANG musim nikah yakni sebelum bulan Ramadhan atau puasa dan sesudah lebaran, Kementerian Agama (Kemenag) memastikan stok buku nikah dipastikan aman hingga usai lebaran mendatang.

Hal ini lantaran usulan meminta tambahan buku nikah ke Kanwil Kemang Bengkulu sudah dari awal bulan disetujui. Hingga kini terdapat 650 pasang buku nikah siap dibagikan ke KUA di 15 kecamatan. Dengan demikian dipastikan pula hingga usai lebaran nanti stok tersebut masih aman.

“Cukup hingga usai lebaran, kalaupun kekurangan kita akan mintakan kembali, di beberapa KUA juga stok masih ada, kita siap kirimkan bila terjadi kekurangan,” kata Kepala Kemenag Kaur Zailan Abidin MHI melalui Kasi Binmas Islam, Drs Herli Suheri, kemarin, (13/2).



Dikatakannya, jika melihat tahun 2018 yang lalu terjadi lonjakan pasangan menikah pada saat menjelang ramadan dan usai lebaran. Data pihaknya menyebutkan saat menjelang ramadhan seperti saat ini hingga usai lebaran tahun 2018 tercatat ada 300 pasangan menikah. Biasanya warga banyak melangsungkan pernikahan sebelum ramadhan ini serta usai lebaran dan lebaran haji.

“Makanya hari-hari demikian biasanya pesanan buku nikah biasanya berbeda dengan hari hari biasa,” tuturnya.

Ditambahkannya, terkait pernikahan di KUA diakuinya memang saat ini sudah banyak dilakukan pasangan. Namun sayangnya jumlah tersebut masih jauh banyak menikah di luar kantor KUA. Hal ini lantaran warga masih banyak yang enggan menikah di Kantor KUA lantaran sudah mentradisi. “Anggapan yang beredar kalau menikah di Kantor KUA itu ada masalahnya padahal tidak. Saat ini warga masih banyak enggan menikah di KUA padahal pernikahannya gratis,” tandasnya. (618)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*