Stok Buku Nikah Aman

Herli Suheri
===Herli Suheri===

BINTUHAN,KABUPATEN KAUR,Bengkulu Ekspress– Untuk mengantisipasi melonjaknya pasangan menikah usai lebaran nanti, Kantor Kementrian agama (Kemeneg) Kabupaten Kaur dari jauh hari sudah meminta tambahan buku nikah dari Kanwil Kemeng Bengkulu. Hingga kini terdapat 400 buku nikah siap dibagikan ke KUA di 15 kecamatan. Dengan demikian dipastikan pula hingga usai lebaran nanti stok tersebut masih aman.

“Stok buku nikah masih cukup untuk melayani masyarakat Kaur yang ingin menikah usai lebaran ini,” kata Kepala Kemeneg Kaur H Zainal Abidin M HI melalui Kasi Penyelenggara Syariah, Drs Herli Suheri kemarin (7/6).

Dikatakan Herli, jika meilihat tahun lalu terjadi lonjakan pasangan menikah pada saat usia lebaran. Data pihaknya menyebutkan saat usai lebaran tahun 2017 tercatat pada bulan Agustus ada 300 pasangan menikah. Biasanya warga banyak melangsungkan pernikahan ini usai lebaran dan lebaran haji. “Jumlah itu merupakan pasangan menikah terbanyak sepanjang tahun 2016 lalu dibanding tahun 2017,” tuturunya.

Ditambahkannya, mengenai pernikahan di KUA diakuinya memang saat ini sudah banyak dilakukan pasangan. Sayangnya jumlah tersebut masih jauh banyak meinikah diluar kantor KUA. Hal ini lantaran warga masih banyak yang enggan menikah di Kantor KUA tersebut.



“Saat ini warga masih banyak enggan menikah di KUA padahal pernikahannya gratis, tapi kita selalu sosialisasi agar warga nikah di KUA,” jelasnya.(618)