Stok Blangko E-KTP Menipis

Ilustrasi-e-KTP-1
FOTO ; ist

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress – Pemohon pembuatan kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) harus bersabar. Sebab Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kaur menyampaikan persediaan blangko E-KTP saat ini menipis. Namun pemohon masih dilayani dengan diberikan surat keterangan (Suket) sebagai pengganti KTP.

“Untuk blangko e-KTP kita sekarang ini sudah menipis dan sisa sekitar 100 lembar lagi,” kata Kepala Dukcapil Kaur, Ir Buyung Wiyadi MM melalui Sekretaris Januar Apriko S Hut MSi, kemarin (3/6)

Dikatakan Apriko, untuk saat ini pihaknya sedang membutuhkan ribuan keping KTP-el. Karena jumlah pemohon yang sudah mendaftar dan terverifikasi sudah mencapai lebih dari 1.000 warga. Sedangkan stok blangko yang dimiliki Disdukcapil Kaur hanya kurang lebih 100 keping. Juga diperkirakan dalam beberapa hari ini blangko e-KTP akan habis. Untuk itu, pihaknya kini tidak bisa berbuat apa-apa dan hanya menunggu kiriman blanko e-KTP dari Kemendagri. Namun kapan dikirimkan tambahan blangko dari Kemendagri belum bisa dipastikan.

“Kini kita hanya menunggu pengiriman dari pusat, dan yang kita ajukan itu lima ribu keping blangko e-KTP,” terangnya.

Ditambahkannya, bahwa animo masyarakat dalam mengurus kepemilikan fisik e-KTP cukup tinggi. Bahkan, tegas mantan Kabid Budaya ini pihaknya dalam satu bulan pernah mengeluarkan atau mencetak e-KTP untuk 300 orang. Untuk itu, ia meminta kepada masyarakat yang nantinya akan mengurus e-KTP supaya bersabar. Sebab blangko yang menipis tidak hanya terjadi di Kaur melainkan nasional.

“Untuk warga yang telah melakukan perekaman data, maka akan dibuatkan Suket yang dapat digunakan sebagaimana KTP. Nanti kalau blangko e-KTP sudah ada akan kita cetak KTP-nya,” jelas Januar Apriko.(618)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*