Stok Beras Cukup untuk Tiga Bulan

Ir. Guslindawati

CURUP, bengkuluekspress.com – Perum Bulog Cabang Rejang Lebong memastikan stok beras untuk tiga kabupaten yaitu Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang aman. Dimana stok beras yang ada di gudang Perum Bulog Cabang Rejang Lebong cukup untuk tiga bulan ke depan.

“Saat ini stok beras yang ada di gudang kita mencapai 807 ton, cukup untuk kebutuhan masyarakat tiga kabupaten yang berada diwilayah kerja kita selama tiga bulan ke depan,” ungkap Kepala Perum Bulog Cabang Rejang Lebong, Ir Guslindawati saat dikonfirmasi Kamis (18/3).

Dengan ketersediaan stok beras di gudang Perum Bulog Cabang Rejang Lebong tersebut, ia berharap masyarakat di tiga kabupaten tidak perlu khawatir akan kelangkaan beras terutama saat memasuki bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri mendatang.

Menurut Guslindawati, dari 807 ton stok beras yang ada tersebut, 86,6 ton diantaranya merupakan beras jenis premium sedangkan sisanya sebanyak 720,4 ton merupakan beras jenis medium.

Bahkan menurut Guslindawati, stok beras di gudang Perum Bulog Cabang Rejang Lebong tersebut akan bertambah. Karena menurutnya saat ini masih ada stok beras dalam perjalanan menuju gudang Perum Bulog Rejang Lebong.

“Yang dalam perjalanan ini adalah beras untuk kegiatan bantuan sosial yang merupakan cadangan beras pemerintah atau CBP,” paparnya.

Cadangan beras pemerintah ini sendiri, menurutnya juga akan digunakan untuk kebutuhan darurat ditiga kabupaten seperti kerawanan pangan pasca bencana atau untuk program stabilitasi harga atau PSH.
Sementara itu, untuk harga beras di pasaran sendiri, menurut Guslindawati berdasarkan pantauan Perum Bulog Cabang Rejang Lebong disejumlah pasar diwilayah kerja Perum Bulog Rejang Lebong saat ini harga beras terbilang stabil bahkan menurutnya cenderung turun.

“Saat ini harga beras stabil bahkan cendrung turun, karena saat ini sudah mulai masuk masa panen, harga beras ini diprediksi akan terus stabil sambail lebaran Idul Fitri mendatang,” paparnya.

Sementara itu, untuk harga beras milik Perum Bulog Cabang Rejang Lebong sendiri, untuk beras jenis mediuam dihargai Rp 8.300 per Kg. Sedangkan untuk beras jenis premium dijual dalam dua jenis kemasan dimana untuk kemasan 5 Kg dihargai Rp 55 ribu sedangkan untuk kemasan 10 Kg dihargai Rp 105 ribu. (251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*